Jembatan Krueng Cut Jadi Satu Jalur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Krueng Cut Jadi Satu Jalur

Jembatan Krueng Cut Jadi Satu Jalur
Foto Jembatan Krueng Cut Jadi Satu Jalur

* Mulai Kamis Hanya Bisa Dilalui Kendaraan dari Arah Lingke

BANDA ACEH – Jembatan Krueng Cut di Jalan Laksamana Malahayati, Banda Aceh, mulai lusa, Kamis (9/2) dan diperkirakan mencapai dua bulan hanya bisa dilalui semua jenis kendaraan satu jalur dari arah Lingke, Banda Aceh ke arah Krueng Raya, Aceh Besar. Sedangkan pengguna kendaraan dari arah sebaliknya harus melewati jalan tepi Krueng Aceh yang juga dibuat satu jalur ke arah Jembatan Lamnyong.

Site Manajer Proyek Pembangunan Jembatan Krueng Cut dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk Regi Bonenehu mengatakan pengalihan arus itu untuk keperluan pembangunan underpass menghubungkan Gampong Alue Naga ke Lingke yang dimulai Kamis (9/2). “Oleh karena itu, jembatan Krueng Cut dijadikan satu jalur agar tidak mengganggu pekerjaan,” kata Regi kepada Serambi, Senin (6/2).

Didampingi Konsultan Pengawas dari PT Wahana Ir Tambok Siahaan, Regi mengatakan bagi pengendara dari arah Krueng Raya yang hendak melewati jembatan itu diminta berbelok ke kiri dan menyusuri jalan tepi Krueng Aceh. Kemudian masuk ke underpass Lamnyong serta memutar naik ke Jembatan Lamnyong. “Dari pangkal Jembatan Krueng Cut akan dipasang rambu jalan. Polisi di persimpangan jalan juga akan memandu pengendara,” kata Regi.

Dia menambahkan, jalan tepi kali yang menghubungkan Krueng Cut ke Rukoh itu juga berfungsi satu jalur. Petugas akan memasang rambu larangan masuk di pangkal jalan Rukoh. “Pengendara dari Rukoh yang mau ke Krueng Cut harus melewati Lamnyong sebab jalan pinggir sungai difungsikan satu jalur,” jelasnya.

Konsultan Pengawas Proyek dari PT Wahana Ir Tambok Siahaan mengatakan proyek jembatan dan underpass Krueng Cut ditargetkan selesai pada pertengahan 2017. “Sehingga pemberlakuan sistem satu jalur di jembatan Krueng Cut diperkirakan selama dua bulan. Tetapi kami usahakan lebih cepat dari itu,” kata Tambok.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Lalu Lintas Angkutan (LLA) Dinas Perhubungan Banda Aceh M Zubir menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polresta terkait rekayasa lalu lintas itu. Menurutnya, sejumlah personel dari Polsek Syiah Kuala, Banda Aceh dan Baitussalam, Aceh Besar siap membantu mengatur lalu lintas atas pengalihan ini.

“Selain memudahkan kerja, sistem satu arah ini juga mencegah kemacetan serta mengurangi risiko kecelakaan,” ujar Zubir. Dia berharap masyarakat pengguna jalan dapat memaklumi kondisi tersebut agar pekerjaan jembatan dan underpass Krueng Cut dapat selesai tepat waktu. (fit) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id