Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan Ditunda | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan Ditunda

Foto Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan Ditunda

* Anggaran tak Mencukupi

SABANG – Meski dana bantuanpendidikan Rp 2 juta untuk setiap siswa sudah diplotkan oleh Pemko Sabang dalam APBK 2016, namun penyaluran dana tersebut belum bisa disalurkan. Dana bantuanpendidikan untuk daerah perbatasan itu akan disalurkan setelah pengesahan APBK-P 2016

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Sabang, Drs Misman, kepada Serambi mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ajaran 2016 Pemko Sabang kembali memplotkan dana bantuanpendidikan untuk siswa sebesar Rp 15.406.000.000.

Menurutnya dana pendidikan daerah perbatasan itu sudah disetujui dan disahkan oleh DPRK dalam APBK 2016. Begitupun, penyaluran dana bantuanpendidikan Rp 2 juta untuk setiap siswa itu, tidak bisa dipercepat seperti pernah disampaikan Sekdako Sofyan Adam sebelumnya, yakni disalurkan pada Agustus.

“Dana bantuanpendidikan itu akan disalurakan pada November setelah pembahasan APBK-P,” ujar Misman.

Menurutnya, penundaan penyaluran dana bantuanpendidikan itu, disebabkan karena anggaran yang telah disepakati sebesar Rp 15.406.000.000 tidak mencukupi, karena terjadinya penambahan jumlah siswa pada tahun ajaran baru.

Jumlah siswa yang menerima dana bantuanpendidikan tahun 2016 sebanyak 8.810 orang dari tingkat SD/MI hingga SLTA. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun 2015 hanya sebanyak 7.329 orang. Sementara anggaran yang tersedia untuk tahin 2016 sama besarnya dengan tahun 2015, yakni Rp 15.406.000.000.

Semenatara itu, Sekdako Sabang, Sofyan Adam SH, kepada Serambi sebelumnya pernah menyampaikan bahwa penyaluran dana bantuanpendidikan untuk siswa yang sedang melaksanakan program wajib belajar 12 tahun disalurkan Agustus, yakni dipercepat dari tahun-tahun sebelumnya. Begitupun, pihaknya mengaku belum mengetahui jika ada perubahan jadwal penyaluran dana bantuanpendidikan tersebut. Sebab, hingga pihaknya belum menerima laporan dari Kadisdik tentang penundaan jadwal penyaluran dana bantuanpendidikan tersebut.

Menurutnya penyaluran dana bantuanpendidikan itu Rp 2 juta untuk setiap siswa dari tingkat SD/MI hingga SLTA itu. “Dana bantuanpendidikan itu akan berlanjut hingga tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah,”katanya.(az) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id