Besok KIP Launching Pilkada Aceh Serentak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Besok KIP Launching Pilkada Aceh Serentak

Foto Besok KIP Launching Pilkada Aceh Serentak

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan melaunching pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh Serentak 2017, pada Selasa (2/7) besok, bertempat di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh.

Komisioner KIP Aceh Bidang Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Hendra Fauzi, kepada Serambi, Minggu (31/7), mengatakan, launching dimulai pukul 08.30 WIB dan direncanakan akan dihadiri oleh Ketua KPU Pusat. Selain itu juga akan hadir unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Aceh, yakni Gubernur, Ketua DPRA, Pangdam, Kajati, Kapolda, dan juga Wali Nanggroe.

“Kita juga mengundang Menteri Dalam Negeri dan Mekopolhukam, tapi masih dalam konfirmasi. KPU provinsi se-Indonesia juga sudah kita undang, ada beberapa yang sudah konfirmasi untuk hadir. Intinya semua unsur kita undang, termasuk partai politik dan calon-calon kepada daerah di Aceh,” sebut Hendra.

Ia menyebutkan, launching Pilkada Aceh Serentak 2017 yang akan dilaksanakan besok adalah bagian dari tahapan penyelenggaraan pilkada di Aceh. Harapannya, semua tahapan Pilkada Aceh nantinya dapat berjalan dengan damai sesuai dengan tagline Pilkada Aceh 2017 yakni ‘Pilihan Boleh Beda Geutanyoe Meusyedara’.

“Dalam acara launching nanti juga akan ada pemukulan tambo, itu sebagai tanda bahwa tahapan pilkada di Aceh sudah dimulai,” sebut Hendra.

Selain itu, kegiatan itu bertujuan untuk menarik perhatian pemilih pemula agat ikut berpartisipasi dalam Pilkada 2017 nanti. Menurutnya, launching itu juga sebagai sosialisasi awal tentang pilkada bagi masyarakat di Aceh. “Selain memperkenalkan tagline, kita juga memperkenalkan maskot dan jingle Pilkada Aceh hasil sayembara yang digelar KIP beberapa waktu lalu. Silakan datang nanti, karena juga akan ada rangkaian acara dan doorprizenya,” pungkas Hendra.

Untuk diketahui, mulai tanggal 3-7 Agustus 2016 para kandidat gubernur dari perseorangan akan menyerahkan syarat dukungan berupa foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) ke KIP Aceh untuk dilakukan verifikasi faktual. Sedangkan penyerahan syarat dukungan dari balon bupati dan wali kota pada 6-10 Agustus 2016.

Setelah syarat dukungan paslon gubernur dari perseorangan, kemudian paslon dari perseorangan akan mendaftar bersamaan dengan paslon dari partai politik pada 19-21 September 2016. Lalu dilanjutkan dengan masa kampanye pada 26 Oktober 2016-11 Februari 2017.

Sementara pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada 15 Februari 2017, sedangkan penetapan paslon terpilih (tanpa sengketa) dilaksanakan pada 8-10 Maret 2017.(dan) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id