Citilink Masuk Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Citilink Masuk Aceh

  • Reporter:
  • Jumat, Maret 4, 2016
Foto Citilink Masuk Aceh

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Dermawan MM membuka penerbangan perdana Citilink dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Kualanamu, Medan. Peresmian ini di lantai dua Bandara SIM, Kamis (3/3). Dengan demikian Citilink sudah resmi masuk Aceh.

Dalam sambutannya, Dermawan mengatakan penerbangan ini dapat menjadi awal yang baik bagi penguatan sistem transportasi udara di Aceh. Menurut Sekda, dengan bertambahnya frekuensi penerbangan di Aceh, maka pihaknya mengharapkan kehadiran Citilink dapat semakin mendorong aktivitas dan geliat perekonomian masyarakat di Aceh. Kata Dermawan, Pemerintah Pusat juga sangat menyadari kebutuhan masyarakat terhadap peran strategis Bandara SIM.

Karena itu, menurutnya Kementerian Perhubungan memasukan bandara ini sebagai salah satu yang akan dikembangkan. Harapannya, dapat menjadi salah satu gerbang ekonomi Sumatera.

“Sampai hari ini, paling tidak sudah ada lebih dari lima maskapai penerbangan nasional menggunakan Bandara SIM, Termasuk Citilink yang memulai penerbangan perdana hari ini (kemarin-red). Tentu saja semua penerbangan ini akan memperlancar aktivitas dan konektivitas masyarakat Aceh dengan kota-kota lain di Indonesia,” harap Darmawan yang mewakili Gubernur Aceh.

Sementara CEO PT Citilink Indonesia, Albert Burhan mengatakan khusus untuk pembukaan rute baru ke Aceh, pihaknya menganggap sebagai momen penting dan strategis. “Penerbangan Citilink ke Aceh, setiap hari satu kali (pulang pergi) dengan jadwal Jakarta-Kualanamu-Banda Aceh dan sebaliknya,” ujar Albert.

Selain itu, kata Albert pembukaan rute baru ini juga untuk melengkapi penerbangan berjadwal Citilink guna menghubungkan kota-kota besar antarpulau di Sumatera dan Jawa, seperti rute Jakarta- Medan, Bandung- Medan, Jakarta- Pekanbaru, Surabaya- Pekanbaru, Medan-Batam, dan Pekanbaru-Yogyakarta.

Peresmian yang berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Rektor Unsyiah, Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, sejumlah SKPA dan SKPD Aceh Besar, serta General Manager Bandara SIM, Joko Sudarmanto dan General Manager Garuda, Nano Setiawan, dan pihak Angkasa Pura.

Pesawat Citilink Airbus A320 yang dibawa pilot, Prayudi Budi dan Co Pilot, Fijriansyah mendarat dengan mulus di Bandara Kualanamu, Medan sekitar pukul 19.30 WIB. Sebelumnya sesaat sebelum take off menuju Kualanamu, pilot dan co pilot ini dipeusijuek (ditepungtawari) dengan tradisi Aceh di Bandara SIM.

Amatan Serambi yang ikut dalam penerbangan perdana ini, pihak maskapai ini menyapa penumpang dengan pantun selamat datang dan pantun perpisahan jelang penumpang turun. Pesawat berkapasitas 180 seat kelas ekonomi ini dilengkapi tiga kamar kecil, satu di depan dan dua di belakang. Secara keseluruhan maskapai ini sudah melayani lebih dari 50 rute domestik ke 25 kota di Indonesia menggunakan 37 Airbus A320. (una) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id