Kodim Kerahkan 20 Hand Tractor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kodim Kerahkan 20 Hand Tractor

Foto Kodim Kerahkan 20 Hand Tractor

* Membantu Garap Sawah Warga

BANDA ACEH – Kodim 0101/BS menempatkan 20 unit hand tractor (traktor tangan) di sejumlah Koramil di jajaran. Langkah itu sebagai upaya mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah, agar lebih strategis dengan mengintensifkan kembali lahan yang tidak tergarap menjadi produktif.

Hal itu disampaikan Dandim 0101/BS, Letkol Inf Mahesa Fitriadi SAP, saat bertemu ketua kelompok tani, mantri tani, dan unsur Muspika Suka Makmur, Aceh Besar, di sebuah gubuk sawah Gampong Niron Suka Makmur, Kamis (21/7).

Menurutnya 20 unit hand tractor itu diperuntukkan membantu petani yang selama ini mengalami kesulitan menggarap sawahnya. Ke-20 unit traktor tangan itu 5 unit ditempatkan di Koramil Jantho, 6 unit di Koramil Seulimuem dan 3 unit lagi di Koramil Indrapuri. Sementara 6 unit lainnya masih berada di Kodim 0101/BS yang selanjutnya akan didistribusikan ke sejumlah koramil lainnya.

“Kapan saja hand tractor itu dibutuhkan oleh petani untuk keperluan menggarap sawahnya, silakan diminta. Jangan khawatir, tidak diminta uang sewa. Paling sebatas mengisi minyak bagi yang menggunakannya. Itu pun kalau hand tractor itu tidak ada minyak,” kata Letkol Mahesa.

Selain 20 hand tractor, Kodim 0101/BS juga akan mendistribusikan 20 unit mesin pompa air. “20 hand tractor dan 20 mesin pompa air ini untuk memperkuat swasembada pangan di negeri kita. Tanah kita yang begitu subur serta lahan yang luas, tapi, beras kok diimpor dari Thailand,” sebut Dandim.

Ia mengatakan bila kondisi ketergantungan pangan terus berlanjut dari luar negeri, maka akan berdampak buruk bagi masa depan bangsa, karena lahan-lahan produktif semakin ditinggalkan.

Putra kelahiran Kota Bakti, Pidie ini, menyebutkan bila para petani menemukan kendala di lapangan, seperti kesulitan menggarap persawahannya, silakan minta bantuan TNI.

Pada acara itu hadir Staf Ahli Menteri Pertanian, Ir Mukti Sarjono MSc, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Aceh Besar, Ir Hasballah, Kabid Produksi Dinas Pertanian Aceh, Mukhlis dan tokoh masyarakat Suka Makmur, Muhibuddin Ibrahim serta unsur Muspika Suka Makmur.(mir) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id