Aceh Tengah Apresiasi Lion | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Tengah Apresiasi Lion

Foto Aceh Tengah Apresiasi Lion

* Penuhi Permintaan Dua Bupati

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memberi apresiasi kepada maskapai penerbangan nasional swasta, Lion Air Group yang telah memenuhi janji akan memanfaatkan Bandara Rembele. Permintaan dua bupati bertetangga, Ir H Nasaruddin MM dari Aceh Tengah dan Rusli M Saleh dari Bener Meriah telah dipenuhi, dengan uji coba terbang pada Jumat (22/7).

“Kita patut bersyukur, Lion Group telah memenuhi janjinya dengan melakukan uji coba penerbangan ke Bandara Rembele dan semoga ini menjadi awal untuk penerbangan selanjutnya,” kata Drs Amir Hamzah, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, mewakili Bupati Aceh Tengah saat menyambut para kru pesawat Wings Air mendarat di Rembele.

Amir Hamzah menyebutkan dengan beroperasionalnya Wings Air ke wilayah tengah ini, maka masyarakat tanoh Gayo sudah selangkah lebih maju dalam pembangunan. Dia menjelaskan bandara ini untuk seluruh masyarakat Aceh, khususnya dua kabupaten penghasil kopi Arabika, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

“Lion Group telah menyatakan kesiapan untuk mengoperasionalkan pesawat Wings Air ATR 72-600 ke Bandara Rembele. Alhamdulillah telah berjalan sukses melalui uji coba ini,” ujarnya. Dia menjelaskan uji coba itu tidak terlepas dari permintaan Bupati Nasaruddin dan Rusli M Saleh kepada Direktur Utama Lion Group, Rudi Lumengkewas di Jakarta 14 Juli 2016 lalu.

Bukan itu saja, izin penerbangan Lion Air juga disampaikan langsung ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI agar disetujui, yang ternyata juga disetujui. Dikatakan, dua bupati yang didamping pejabat dari dua kabupaten bertetangga ini menemui Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Maryati Karma.

Pada pertemuan itu, Lion Group prinsipnya menyatakan kesiapannya untuk mengoperasionalkan Wing Air milik Lion Group ke Bandara Rembele. “Bila perlu dengan rute Wings Air Round nginap di Rembele, pokoknya kami siap,” sebut Rudi waktu itu. Namun tambahnya harus menunggu izin dari Kementerian Perhubungan RI.

Tetapi, Maryati Karma telah memastikan bahwa 1 Agustus 2016 menjadi tanggal Lion Air melayani secara resmi penerbangan ke Bandara Rembele. Seperti diketahui, proving fligh (uji terbang) Wings Air Jumat (22/7) menjadi pertanda kesiapan maskapai penerbangan itu membawa pergi dan pulang warga Gayo melalui udara.

Para pejabat yang hadir, Pj Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh, Drs Amir Hamzah MM, Kepala UPBU Rembele Syaifullah Siregar serta Kasatker Rembele, Yan Budianto. Dalam uji terbang itu, pesawat berbadan sedang yang memiliki kapasitas 72 penumpang mendarat mulus di Bandara Rembele seusai menempuh penerbangan selama 50 menit dari Bandara Kualanamu, Medan.

Saat sedang berada di udara Bener Meriah, seratusan masyarakat menyaksikan dengan antusias kedatangan pesawat jenis ATR 72-600 itu mendarat di run way Rembele. Sedangkan para penumpang, terdiri dari pilot

Kapten Richard, copilot Antoni, dua pramugari yang bernama Widya dan Arinda serta dua staf Kementerian Perhubungan RI, Kapten Fuad dan Eddya.

Sebelumnya, Bandara Rembele hanya dapat didarati pesawat berbadan kecil seperti Susi Air yang telah merintis penerbangan. Namun, setelah penambahan sejumlah fasilitas pendukung serta perpanjangan landasan pacu yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret lalu, bandara ini mampu disinggahi pesawat jenis berbedan besar jenis Boeing dan cargo.(muh/rel) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id