Becak Argo Resmi Beroperasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Becak Argo Resmi Beroperasi

Foto Becak Argo Resmi Beroperasi

* Rp 5.000/Kilometer Pertama

BANDA ACEH – Becak motor menggunakan argometer ‘Becak Argo’ mulai Jumat (22/7) resmi beroperasi di Kota Banda Aceh. Becak binaan lembaga riset Natural Aceh itu baru diluncurkan 2 unit di halaman STKIP Bina Bangsa Getsempena (BBG) Banda Aceh.

Ketua Tim Pelaksana dari Natural Aceh, Ully Muzakir ST MT saat melaunching becak argo kemarin mengatakan, becak tersebut diharapkan menjadi model angkutan becak di Bnada Aceh. Menurutnya, dari riset yang dilakukan pihaknya selama ini, ditemukan sejumlah masalah yang menyebabkan transportasi roda tiga itu sulit berkembang.

“Pengemudi becak selama ini kesulitan dalam mencari nafkah. Apalagi dengan bertambahnya angkutan, becak konvensional sering sekali menjadi pilihan terakhir masyarakat,” ujar Ully Muzakkir, didampingi kepala LPPM STKIP BBG, Isthifa Kemal MPd.

Dijelaskannya, dari hasil penelitian Natural Aceh ditemukan bahwa jumlah becak tidak sebanding dengan jumlah peminatnya. “Kondisi becak yang kurang terawat juga terkadang membuat pelanggan enggan naik becak,” katanya, seraya menyebut masalah lainnya yaitu setiap becak harus ‘ngetem’ di pangkalan, sehingga membatasi penghasilan abang becak.

Selain itu kata dia, tidak ada keseragaman harga untuk tarif jasa becak juga menjadi permasalahan tersendiri. “Tarif argo pada becak yang diluncurkan ini sudah sesuai dengan kesepakatan beberapa waktu lalu, yaitu Rp 5.000 pada kilometer pertama dan selanjutnya Rp 3.500 per kilometer,” jelasnya, dan menyebut pihaknya siap membina abang becak lainnya jika berminat.

Ully mengatakan, inovasi pihaknya itu didukung Kemenristekdikti, melalui hibah iptek bagi masyarakat. “Kami bersama Dishubkominfo Banda Aceh dan Polresta berhasil mendesain  becak  mitra  agar  terlihat  rapi, cantik dan nyaman, sehingga mudah dikenali calon penumpang. Becak ini tidak perlu antre di pangkalan, karena bisa dipanggil ke tempat calon penumpang,” ujar dia.

Hal menarik lainnya, pengemudi becak argo dilatih safe riding dan dibekali pemanduan dasar dan bahasa Inggris sesuai standar pelayanan. “Bagi masyarakat yang butuh jemputan dapat menghubungi 0853 5984 9123. Pengemudi becak argo mudah dikenali karena memakai seragam khusus, jaket hijau hitam, helm hijau, sarung tangan dan sepatu pelindung,” tandasnya.(fit) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id