Pelaku UMKM Diajari Berbisnis Online | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pelaku UMKM Diajari Berbisnis Online

Foto Pelaku UMKM Diajari Berbisnis Online

BANDA ACEH – Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Aceh bekerja sama Kadin Aceh dan ukmmarket.com mengadakan kegiatan Catch Program. Dalam acara bertema “Wawasan Bisnis Makin Bagus, Jualan Online Laris Terus”, 93 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan 150 jenis produk diajari berbisnis online di dunia digital.

Pujo Basuki, Koordinator Konsultan PLUT Aceh kepada Serambi, Jumat (22/7), menyampaikan hingga kini masih banyak UMKM yang belum melek teknologi. Mereka tak tahu berjualan online, bahkan tak tahu apa itu email.

Pujo menjelaskan, CATCH (Community Approach Total Channel) merupakan program yang diselenggarakan oleh ukmmarket.co.id merupakan pusat jual-beli online yang fokus pada produk usaha kecil dan menengah di Indonesia bersama PLUT KUMKM.

“Program ini dilaksanakan untuk membantu seluruh pelaku UKM di Indonesia dalam mengatasi persoalan akses pasar,” ujar Pujo.

Dalam program ini, pelaku usaha dibimbing agar bisnis mereka mampu bersaing di ranah digital. Mulai dari cara menggunakan email dan chat, cara memotret produk supaya tampilannya menarik, cara membuat deskripsi produk yang efektif, hingga materi dasar search engine optimization (SEO) dan pemanfaatan e-commerce.

Menurut Pujo, konsumsi produk melalui online semakin digemari masyarakat. Pelaku UMKM maupun UKM sudah sepatutnya memanfaatkan segala penunjang bisnis berbasis online agar produknya semakin dikenal luas. Ukmmarket melalui beragam fasilitas, layanan serta program CATCH ini siap membantu mewujudkan harapan segenap pelaku usaha kecil dan menengah Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Mulyadi SPd MM, dalam sambutannya saat membuka acara ini mengatakan di era perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti ini, setiap pelaku UKM punya banyak pilihan memperluas jaringan pemasaran produk mereka. E-commerce beserta beragam platform layanan periklanan online telah menyediakan solusi akses pasar yang efektif.

Mulyadi berharap, para pelaku UMKM hendaknya melek teknologi supaya bisa memanfaatkan solusi itu secara maksimal. “Kami percaya ke depan industri UMKM Aceh dapat semakin berdaya, bergairah dan meraih apresiasi tinggi dari para pembeli lokal dan mancanegara. Plut dan ukmmarket.co.id siap membantu memperluas akses pemasaran produk,” paparnya. Hadir dalam acara itu pejabat Bappeda Aceh, BPPOM Aceh, LPPOM Aceh, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aceh. (avi) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id