Mantan Tapol ke Pendopo Tuntut Janji Gubernur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mantan Tapol ke Pendopo Tuntut Janji Gubernur

Foto Mantan Tapol ke Pendopo Tuntut Janji Gubernur

BANDA ACEH – Puluhan mantan tahanan politik (tapol) maupun narapidana politik (napol) sejak Selasa (19/7) malam mendatangi Pendopo Gubernur, dengan maksud menjumpai Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah. Namun, perwakilan mereka baru diizinkan masuk pendopo pada, Kamis (21/7) sore.

Juru Bicara Aksi, Muhammad Nur kepada Serambi kemarin mengatakan, mereka datang dari wilayah Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Langsa dengan menumpang angkutan umum. Kedatangan mereka mewakili sebanyak 380 mantan Tapol/Napol di wilayah tersebut.

Menurutnya, sebelumnya Gubernur menjanjikan bahwa Tapol/Napol akan diberikan bantuan uang, rumah, dan bibit pertanian. Namun sudah dua kali ditagih Gubernur belum juga menepati. Terakhir mereka menjumpai Gubernur pada tahun 2014.

“Namun hingga tahun 2016 janji tersebut belum ditepati oleh Gubernur, sehingga kami datang untuk menagih janji untuk pemberdayaan Tapol Napol. Karena sesuai yang diamanahkan oleh MoU Helsinki,” ujarnya.

Namun, setiba di Banda Aceh mereka kesulitan mendapatkan izin masuk ke pendopo untuk menjumpai Gubernur, walaupun sudah menghubungi sejumlah pihak agar bisa bertemu. Sehingga selama dua hari terakhir mereka bertahan di depan gerbang Pendopo.

Walaupun kemarin sore sudah ada tiga perwakilan yang diizinkan masuk ke pendopo. Berdasarkan informasi diperoleh Serambi, hingga pukul 21.40 WIB mereka belum berhasil menjumpa Zaini Abdullah. Sebab banyak tamu yang mengantri untuk bertemu Gubernur.(mun) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id