Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran

Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran
Foto Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran

* 70 Ton Sawit Membusuk di Pelabuban Simeulue

SINABANG – Cuaca buruk yang melanda wilayah barat-selatan Aceh sejak empat hari terakhir telah memunculkan dampak serius terhadap pelayaran di jalur penyeberangan Sinabang (Pulau Simeulue) ke Labuhan Haji (Aceh Selatan) maupun sebaliknya.

Dari Simeulue dilaporkan, hingga Rabu kemarin tidak kurang 40 truk yang mengangkut berbagai jenis barang tujuan Labuhan Haji tampak parkir di kompleks Pelabuhan Kuta Batu, Simeulue Timur. Dari keseluruhan truk tersebut yang terbanyak bermuatan buah sawit.

“Buah sawit sudah membusuk dalam truk karena sudah empat hari tak bisa berangkat. Terpaksa kami bakar di sini karena kalaupun dibawa ke darat tidak laku lagi dijual,” kata Muhammad, sopir truk pengangkut sawit asal Sigli, Pidie.

Menurut Muhammad, rata-rata truk yang memuat buah sawit sebanyak 10 ton itu, sudah membongkar muatannya mencapai 70 ton lantaran sudah membusuk di dalam truk. “Ada yang sudah enam hari di sini menunggu antrean berangkat. Buah sawit sudah busuk, yang lainnya ada bawa karet dan hasil bumi lainnya dari Simeulue,” ujarnya.

Awak truk sangat memahami kondisi cuaca yang menyebabkan feri tak bisa berangkat. Sopir truk hanya bisa berharap cuaca cepat normal agar aktivitas kembali lancar. “Kami bawa buah sawit empat truk, dua truk berisi buah sawit sudah busuk kami bongkar semua,” lanjut Dedek, sopir truk yang juga antre di pelabuhan Kuta Batu. “Mau bilang apa, walaupun kami rugi besar, kan bukan kemauan kita,” timpal sopir truk lainnya yang tampak pasrah.

Seorang relawan komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Simeulue, Dadang Thohara (JZ01SDT) menginformasikan, stok beberapa jenis barang di Sinabang dilaporkan mulai menipis karena pelayaran dari daratan Aceh ke Simeulue juga terhenti akibat cuaca buruk. “Mudah-mudahan kondisi cuaca segera membaik,” lapor Dadang di sela-sela memantau kondisi ratusan calon penumpang tujuan Simeulue yang masih terdampar di Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji, Rabu siang kemarin.

Wakil Bupati Simeulue, Hasrul Edyar kepada Serambi menyatakan pihaknya sudah menginstruksikan kepada SKPK terkait untuk terus berkoordinasi menyikapi cuaca buruk yang berdampak terhentinya pelayaran.

“SKPK di Simeulue harus melakukan langkah-langkah proaktif sesuai tupoksi masing-masing dalam rangka menyikapi banyaknya warga masyarakat yang tertunda keberangkatan, baik dari Simeulue maupun di Aceh Selatan,” kata Hasrul Edyar. Dikatakannya, Asisten II dan III langsung menjadi koordinator untuk menyikapi kondisi tersebut.(sm/nas) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id