Kalau Berbasis Riset, tidak akan Pro-kontra | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kalau Berbasis Riset, tidak akan Pro-kontra

Foto Kalau Berbasis Riset, tidak akan Pro-kontra

BANDA ACEH – Polemik tentang perlu tidaknya videotron sebagaimana diusulkan Dinas Pendidikan Aceh, menurut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr H Syamsul Rijal MAg diyakini tidak akan terjadi jika ada basis riset untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin terjebak dalam polemik perlu atau tidak perlu videotron. Tetapi yang saya pertanyakan adalah apakah program itu sudah melalui studi kelayakan dan analisa mendalam? Tetapi menurut saya kalau itu sudah dilakukan tentu tidak akan muncul pro dan kontra yang menyedot energi seperti ini,” ujar Syamsul Rijal saat menjadi narasumber pada program Cakrawala Serambi FM 90,2 MHz, Selasa (19/7).

Selain Syamsul Rizal, program bedah Salam Serambi itu juga menghadirkan narasumber lain yakni Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin SH MH dan narasumber internal, Waredpel Serambi Indonesia Nasir Nurdin.

Sedangkan Taqwaddin Husin menegaskan videotron belum perlu untuk Aceh. Menurutnya, untuk tingkat kompetensi guru, Aceh berada di urutan 32 dari 34 provinsi di Indonesia. Sementara besaran anggaran alokasi Pendidikan Aceh itu berada di urutan kedua di atas setelah DKI.

Ditanya bagaimana sikap ORI Perwakilan Aceh terhadap proyek videotron yang menuai pro-kontra tersebut, menurutnya para pengambil kebijakan tidak mesti menunggu saran resmi dari Ombudsman.

“Sikapi saja apa yang telah berkembang di media massa. Karena kalau sudah ada surat rekomendasi dari Ombudsman, maka menurut ketentuan Pasal 351 Undang-Undang Pemerintah Daerah Nomor 23 Tahun 2014, pemerintah akan terikat dan wajib mengikuti rekomendasi. Kalau tidak mengikuti rekomendasi tersebut, maka pemerintah daerah dapat dikenakan sanksi administrasi oleh Kementrian Dalam Negeri,” demikian Taqwaddin.(mir) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id