Bupati Janji Kembalikan Cita Rasa Beras Sigupai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Janji Kembalikan Cita Rasa Beras Sigupai

Foto Bupati Janji Kembalikan Cita Rasa Beras Sigupai

BLANGPIDIE – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin MM berjanji akan mengembalikan cita rasa beras Sigupai yang telah lama hilang. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab, menggandeng dan bekerja sama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) untuk melakukan pemurnian Sigupai.

“Kita selalu mengklaim dan mendeklarasikan Abdya TanohSigupai, tetapi yang terjadi hannyalah nama besar, sedangkan kandungnya sudah hilang. Diskusi seperti ini, sebuah langkah yang patut kita apresiasikan kepada mahasiswa,” ujar Jufri seusai membuka acara expo pendidikan dan diskusi publik Revitalisasi Sigupai yang diselenggarakan KMA-Abdya, Minggu (17/7) di Gedung Utama DPRK Abdya.

Jufri optimis dengan alat yang dimiliki BATAN, maka varietas asli Sigupai bisa dirasakan kembali oleh masyarakat. Namun, Pemkab Abdya akan terus mencari bibit asli Sigupai. “Memang Sigupai sudah ada, wangi Sigupai sudah muncul, tapi rasanya jauh, dan kita akan berupaya mengembalikan,” katanya.

Jika berhasil, tambahnya, maka beras Sigupai menjadi brand lokal untuk tingkat nasional. Karena, jika dibandingkan rasa Pulen Cianjur dengan Sigupai, maka Sigupai jauh lebih enak.

“Kita sangat yakin, Sigupai ini akan menjadi brand lokal yang melegenda di tingkat nasional,” ungkapnya seraya mengatakan akan berupaya melakukan perbaikan di bidang infrastruktur dan SDM. Dalam acara diskusi yang mengangkat tema semangat intelektual mendorong budaya pendidikan itu turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian Aceh, kepala Dinas Pertanian Abdya, para tokoh dan pakar bidang pertanian dan pangan, serta sejumlah dinas terkait.(c50) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id