Peserta Fun Walk Ikut Pungut Sampah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Peserta Fun Walk Ikut Pungut Sampah

Peserta Fun Walk Ikut Pungut Sampah
Foto Peserta Fun Walk Ikut Pungut Sampah

BANDA ACEH – Ribuan peserta yang meramaikan jalan santai bertajuk ‘Fun walk & Clean’ ikut memungut sampah setelah melewati garis start, sekaligus lokasi finis di Taman Sari, Banda Aceh, Minggu (17/7) pagi. Kegiatan ini kerja sama Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Aceh dengan Harian Serambi Indonesia dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2016.

Perserta dilepas dengan ditandai pengangkatan bendera start oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Pembangunan, Anwar Ishak mewakili Gubernur Aceh. Ikut mendampingi Kadis Kebudayaan dan Parawisata Aceh, Reza Fahlevi dan Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh, Jalaluddin. Sedangkan Kepala Bapedal Aceh, Ir Iskandar MSc berdiri di garis start bersama peserta.

Para peserta yang melewati garis start diberikan kantong plastik berwarna hitam. Para peserta diimbau untuk memunggut sampah saat melewati ruas jalan yang menjadi rute Fun Walk & Clean. Kemudian peserta langsung mengikuti rute yang sudah ditentukan sambil memungut sampah untuk dikumpulkan dalam plastik hitam. Perjalanan para peserta ditemani mobil Voorijder di barisan paling depan. Kemudian peserta menuju arah pendopo gubernur, melewati ruas jalan Peuniti dan depan Taman Makam Pahlawan.

Selanjutnya peserta jalan lurus melewati simpang Kodim, depan Barata dan belok kiri ke arah finis di Taman Sari. Sesampai di garis finis para peserta mengikuti prosesi acara terutama pembagian menanti pengundian hadiah. Satu persatu hadiah diundi untuk perserta termasuk yang paling dinantikan hadiah utama berupa sepeda motor.

Para peserta terlihat sangat antusias menanti pengundian 42 aneka doorprize. Hadiah utama berupa satu unit sepeda motor diraih oleh Mulyadi Gunawan dari komunitas Gen Bi. Hadiah untuk mahasiswa yang beruntung ini diserahkan Kepala Bapedal Aceh, Ir Iskandar MSc. Panitia juga mengumumkan pemenang lomba foto/poster, lomba blog, lomba menyanyi, lomba mewarnai, dan lomba melukis yang digelar Bapedal Aceh.

Gubernur Aceh dalam pidato tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Anwar Ishak mengatakan, Fun Walk & Clean ini juga bentuk kampanye untuk menyadarkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Karena bila lingkungan bersih sudah pasti akan hidup nyaman dan jauh dari gangguan penyakit. Apalagi kesehatan dan kebersihan lingkungan merupakan dua hal yang tak terpisahkan. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan, peduli pada lingkungan dan selalu kompak dalam mendukung program pembangunan,” ujarnya.(adi) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id