Pemkab Usulkan Terbang Langsung Nagan-Jakarta | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemkab Usulkan Terbang Langsung Nagan-Jakarta

Foto Pemkab Usulkan Terbang Langsung Nagan-Jakarta

SUKA MAKMUE-Pemkab Nagan Raya menegaskan, pihaknya segera mengusulkan penerbangan secara langsung yang menghubungkan antara Nagan Raya-Jakarta PP melalui Bandara Cut Nyak Dhien, di kawasan Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir.

Hal ini dinilai memungkina, karena landasan pacu yang kini dimiliki bandara tersebut sepanjang 1.800 meter telah mampu didarati pesawat jenis Boeing 737 seri 400 dengan kapasitas penumpang mencapai seratus orang lebih.

“Kami sudah bicarakan hal ini kepada Bapak Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan. Kata beliau kalau ada keinginan, maka hal ini bisa langsung diusulkan ke Kementerian Perhubungan,” kata Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini, Selasa (1/3) siang, usai menerima kunjungan menteri.

Dikatakan, saat ini Bandara Cut Nyak Dhien setiap harinya dipenuhi oleh calon penumpang yang terbang ke Medan, Sumatera Utara, maupun Jakarta yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, serta Nagan Raya sendiri.

Apalagi, pesawat yang saat ini beroperasi jenis ATR 72 seri 600 milik maskapai Wings Air dengan kapasitas angkut setiap pesawat 72 orang selalu dalam keadaan terisi penuh. Bahkan, di beberapa penerbangan, ada calon penumpang yang tidak kebagian tiket karena banyaknya animo masyarakat yang menggunakan jasa pesawat udara.

Pria yang akrab disapa Ampon Bang ini mengakui, penerbangan Jakarta-Nagan Raya PP memang sangat dibutuhkan masyarakat di wilayah pantai barat selatan Aceh.

Pasalnya, selain memudahkan masyarakat yang memiliki tujuan ke ibu kota negara, hal ini diharapkan akan lebih menghemat waktu dan biaya, sehingga diharapkan tidak lagi perlu transit di Bandara Internasional Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara.

Di sisi lain, Teuku Zulkarnaini juga mengakui ketika nantinya usulan tersebut diterima Kementerian Perhubungan RI terkait dengan pembukaan rute baru Jakarta-Nagan Raya, maka jenis maskapai yang akan melayani penerbangan ke wilayah ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak kementerian.

“Apakah nanti akan dilayani oleh Lion Air, Garuda Indonesia atau maskapai apa saja tetap kita terima, karena hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Ampon Bang.(edi) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id