Dua Jembatan belum Rampung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Jembatan belum Rampung

Foto Dua Jembatan belum Rampung

* Bersumber dari Otsus 2015

BLANGKEJEREN – Dua dari enam proyek pembangunan jembatan baja yang bersumber dari dana Otsus 2015 di Kabupaten Gayo Lues (Galus) belum juga rampung dibangun. Kedua proyek itu sudah habis masa kontrak pada Januari dan Februari 2016, tetapi kedua rekanan terus memacu pekerjaan yang diperkirakan rampung pekan depan.

Sehingga, saat ini sudah masuk tahap pemberlakukan masa denda sesuai sisa pengerjaan pembangunan jembatan beton tersebut. Kedua proyek jembatan itu yang belum rampung dibangun di Atu Peltak, Kecamatan Rikit Gaib dan Perlak, Kecamatan Tripe Jaya, serta rekanan berdalih proyek jembatan sempat ambruk diterjang banjir saat mulai dikerjakan.

Tetapi, satu proyek jembatan lainnya dengan kondisi serupa di Pasir, Tripe Jaya sudah rampung dikerjakan beberapa hari lalu, tetapi belum difungsikan. Sedangkan dua proyek jembatan tersebut terus dipacu pekerjaannya, walau sudah kena denda dengan target harus rampung pekan depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, melalui PPTK Pembangunan Jembatan, David ST, kepada Serambi, Rabu (2/3) mengatakan empat dari enam proyek jembatan 2015 sudah rampung dibangun. Disebutkan, di jembatan di Tepintu, Terangun, jembatan Kedah di Blangjerango dan jembatan Pasir Putih di Kecamatan Pantan Cuaca, serta Pasir, Tripe Jaya.

“Masih ada dua proyek jembatan Otsus 2015 belum rampung, meskipun kontrak kerja sudah habis dan masuk kategori denda,” jelas Juanda. Dia menyatakan

pekerjaan ditambah 50 hari, terhitung dari masa kontrak kerja habis. Dikatakan, untuk jembatan Atu Peltak masa kontrak kerja habis tertanggal 31 Januari 2016 dan proyek jembatan Perlak pada 21 Febuari lalu.

Juanda menegaskan telah meminta rekanan untuk segera menyelesaikan pembangunan jembatan. “Diperkirakan, kedua paket jembatan Otsus itu bisa rampung pekan depan,” katanya. Dia berharap, rekanan pelaksana harus memacu pekerjaan, sehingga dapat segera difungsikan.

Seperti dilansir sebelumnya, tiga dari enam paket proyek pembangunan jembatan yang bersumber dari dana Otsus 2015 belum rampung dibangun. Ketiga proyek jembatan itu sempat ambruk ke sungai saat sedang dikerjakan akibat diterjang banjir, tetapi saat ini pembangunan terus dilanjutkan.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Serambi, ketiga paket jembatan beton yang belum rampung dibangun yakni di Atu Peltak, kecamatan Rikit Gaib dan di Perlak dan Pasir, Kecamatan Tripe Jaya. Untuk jembatan di Perlak dan Atu Peltak dilaksanakan oleh rekanan lokal.

PPTK Pembangunan jembatan, David ST, kepada Serambi, Kamis (28/1/2016) mengatakan dari enam paket proyek pembangunan jembatan 2015, tiga di antaranya telah rampung dibangun yakni di Kedah, Blangjerango dan Pasir Putih di Kecamatan Pantan Cuaca.

“Ketiga paket pembangunan jembatan Otsus itu sudah fungsional meskipun belum rampung sepenuhnya, artinya belum selesai dibangun tetapi sudah berfungsi,” jelasnya. Dia menyatakan lantai jembatan belum diaspal, tetapi telah bisa dilalui kendaraan.(c40) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id