Pendaftaran UMB Tinggal Seminggu Lagi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pendaftaran UMB Tinggal Seminggu Lagi

Foto Pendaftaran UMB Tinggal Seminggu Lagi

BANDA ACEH – Pendaftaran jalur masuk Ujian Masuk Bersama (UMB) kini tinggal seminggu lagi. Pendaftaran UMB telah dibuka sejak 16 Mei dan akan berakhir pada 22 Juli 2016. Menurut data resmi yang dikeluarkan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), hingga Juni lalu jumlah pendaftar UMB sudah menembus angka 2.250 orang.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan, UMB menjadi jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru. Jalur UMB hanya menerima mahasiswa untuk tingkat diploma dan sarjana. Bagi calon mahasiswa yang sudah membayar biaya pendaftaran diharapkan segera mencetak kartu ujian sebelum pukul 11.30 WIB, tepatnya pada 23 Juli 2016. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan belum mencetak kartu, maka dianggap mengundurkan diri.

“Pelaksanaan ujian tulis UMB akan berlangsung pada 24 Juli 2016. Sedangkan hasil ujian akan diumumkan secara online pada 31 Juli 2016. Mengenai jadwal dan pengumuman hasil UMB dapat dipantau di situs www.spmb.or.id,” sebut Samsul.

Prof Samsul menjelaskan, kuota penerimaan mahasiswa jalur UMB tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini Unsyiah menerima mahasiswa jalur UMB dengan kuota sebanyak 25 persen. Sedangkan tahun lalu hanya 20 persen. Sedangkan jalur SNMPTN sebanyak 40 persen dan SBMPTN juga naik menjadi 35 persen dari angka sebelumnya sebanyak 30 persen.

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, pada jalur UMB calon mahasiswa dikenakan biaya tambahan selain Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB), yaitu Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan setelah lulus ujian UMB. Besaran biaya SPI tertinggi bisa mencapai Rp 150 juta dan terendah hanya Rp 2 juta.

“Namun, cuma Prodi Pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi yang mewajibkan calon mahasiswanya untuk membayar biaya SPI sebanyak Rp 150 juta. Mengenai besaran Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) dapat dilihat di bagian pengumuman website Unsyiah di www.unsyiah.ac.id,” jelasnya. (dik) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id