Tiang Listrik Bahayakan Warga | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tiang Listrik Bahayakan Warga

Foto Tiang Listrik Bahayakan Warga

* Panjang Tiang tak Sesuai Standar

KUALASIMPANG – Datok penghulu (kepala desa) Benua Raja, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, memprotes pihak pembangun jaringan tiang listrik di kawasan Paya Parang, karena tiang yang dipasang terlalu pendek (hanya 7 meter). Padahal, standar penjagn tiang seperti milik PLN mencapai 12 meter.

Pendeknya tiang listrik ini, dikhawatirkan bisa membahayakan warga. Karena saat dipasangi kabel bertegangan listrik, kabel tersebut akan menggantung sangat rendah. Proyek pemasangan jaringan listrik ini dibiayai APBK Tamiang, tanpa melibatkan pihak PLN. Sehingga tidak mengikuti standar PLN sebagai operator jaringan listrik.

“Tiang listrik yang dibangun terlalu pendek, sehingga dikhawatirkan bisa membahayakan warga setelah dipasangi kabel bertegangan listrik. Selain itu juga akan rawan pencurian kabel, dan rawan terganggu jika ada pohon tumbang,” kata Idrus, Datok Kampong Benua Raja, Senin (11/7).

Idrus juga berharap, proyek pemasangan tiang listrik ini dilakukan mulai dari belakang lapangan futsal menuju Paya Prang. “Karena ada sekitar enam rumah di daerah itu yang belum menikmati listrik,” Namun, Pemkab Tamiang malah membangun jaringan listrik saat ini dari Kampong Durian menuju Paya Prang, tak seperti harapan warga.

Pihak Dinas Pertambangan selaku penanggung jawab proyek ini, mengaku pembangunan tiang tersebut sudah sesuai dengan dokumen perencanaan dan anggaran yang tersedia.

Terkait pemasangan jaringan yang dinilai tak sesuai harapan warga, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek pengadaan dan pemasangan jaringan listrik di Dusun Paya Prang, Kampong Benua Raja, T Rovida Kamal ST menjelaskan, pihaknya sudah melakukan survei lokasi dan memutuskan pemasangan tiang listrik diutamakan dari Kampong Durian menuju Paya Parang. “Karena jalur ini yang sering dilewati warga,” ujarnya.

Pertimbangan lainnya, kata T Rovida, jika dibangun melalui belakang lapangan futsal akan rawan pencurian kabel.(md) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id