Dari 513 Gampong di Aceh Timur, 9 Gampong Sudah Cair Dana ADD 2019

oleh

 Dari 513  Gampong di Aceh Timur, 9 Cair ADD 2019, P3MD Aceh Desak Semua Gampong Harus Cair  ADD Sebelum Lebaran

Uri.co.id, IDI – Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi (Korprov) Aceh Timur, Drs Zulfhami Hasan, meminta seluruh keuchik di Aceh Timur, harus merampungkan berkas pencairan anggaran dana desa (ADD) tahap pertama tahun 2019 dalam bulan Mei ini atau sebelum lebaran Idul Fitri 1440 H.

“Hasil koordinasi kita dengan DPMG Aceh Timur, hingga Kamis 16 Mei dari 513 gampong di Aceh Timur, baru 9 gampong yang memenuhi berkas untuk diposting ADD tahap pertama tahun 2019 oleh BPKD Aceh Timur,” ujar Koordinator P3MD Provinsi Aceh Zulfahmi Hasan, didampingi Tenaga Ahli P3MD Aceh Timur, Yusmiadi atau Abu Yus, Hawari, T Nizamsyah, Fakhrurriza, Azhari, dan Mukhtar, usai Rakor, antara P3MD Prov Aceh, dengan Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI), P3MD-Program Inovasi Desa (PID) Aceh Timur, di Idi Cut, Kamis (16/5/2019).

Zulfahmi, mengatakan beberapa factor yang memperlambat cairnya ADD tahap I tahun 2019. Padahal, secara nasional pencairan ADD sudah memasuki tahap kedua. Tapi di Aceh, khusunya di Aceh Timur, masih tahap I.

Beberapa faktornya yakni, selain dikarenakan pascaselesai pesta demokrasi. Selain itu, juga karena setiap gampong di Aceh Timur, yang hendak mengusulkan pencairan ADD harus merampungkan APBDes 2019, dan Laporan pertanggungjawaban ADD tahun 2018.

“Kedua berkas ini harus dimasukkan secara bersamaan. Tapi rata-rata gampong di Aceh Timur, belum selesai, karena itu kami turun ke Aceh Timur, untuk berkoordinasi dengan Kepala DPMG, dan Sekda Aceh Timur, serta rakor dengan pendamping lokal desa (PLD) untuk membahas dan berkomitmen sebelum lebaran Idul Fitri semua gampong di Aceh Timur, sudah selesai pencairan ADD tahun 2019,” ungkap Zulfahmi.

Zulfahmi mengatakan pemerintah pusat khawatir, karena sejauh ini ada beberapa kabupaten/kota di Aceh termasuk Aceh Timur, belum mencairkan dana ADD tahap I tahun 2019.

“Karena itu, kami melakukan advokasi dengan Pemkab Aceh Timur, agar ADD tahap I tahun 2019, segera dicairkan dalam bulan Mei 2019 ini,” ungkap Zulfahmi. (*)

 
 

 
  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!