Terlibat dalam Partai Politik, DKPP Berhentikan Tgk HM Nazir Ali dari Komisioner KIP Aceh Selatan

oleh

Uri.co.id, BANDA ACEH – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan Tgk HM Nazir Ali dari Komisioner KIP Aceh Selatan, Kamis (16/5/2019).

Nazir dinyatakan terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu karena terlibat dalam partai politik.

Putusan itu dibacakan oleh Ketua DKPP, Harjono dalam sidang di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta.

“Mengabulkan permohonan Pengadu untuk seluruhnya,” baca Harjono dihadapan kuasa hukum Pengadu, Rizki Darmawan SH dan Hendra SH, Advokat pada Kantor Hukum ARZ & Rekan.

Harjono menyatakan bahwa hukuman itu berlaku sejak putusan dibacakan. DKPP juga memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menindaklanjuti putusan itu paling lama tujuh hari sejak putusan dibacakan. Kepada Bawaslu diminta untuk mengawasi putusan itu.

Sebelumnya Tgk HM Nazir Ali diadukan oleh Zulkifli kepada DKPP dengan dugaan keterlibatan dalam partai politik.

Setelah mempelajari bukti dan memeriksa saksi-saks, majelis hakim mengambil kesimpulan untuk menjatuhkan hukuman kepada Teradu.

Dalam aduan Zulkifli menyebutkan bahwa HM Nazir merupakan anggota partai politik atau pernah menjadi calon anggota (caleg) DPRK Aceh Selatan periode 2014-2019 melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain itu, Nazir juga pernah menjadi juru bicara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yaitu H Azwir – Tgk Amran (AZAM) pada Pilkada 2018 yang kini sudah terpilih bupati dan wakil bupati untuk periode pertama. (*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!