KPU Plenokan Rekapitulasi Suara dari Aceh

oleh

BANDA ACEH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menuntaskan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara dari Provinsi Aceh, Rabu (15/5). Dalam rapat itu dihadiri Ketua dan Komisioner KIP Aceh, Samsul Bahri, Tharmizi, Munawarsyah, Ranisah, Agusni, Muhammad, dan Akmal Abzal, serta Sekretaris KIP, Darmansyah.

Komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal menjelaskan rapat pleno berlangsung lancar tanpa ada hambatan apapun. Begitu juga dengan data pemilih dan hasil pemilihan tidak ada yang protes baik dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI maupun dari saksi partai politik.

Dalam rapat itu, pihaknya membacakan hasil perolehan suara kedua calon presiden dan wakil presiden dan disusul perolehan suara untuk DPR RI serta DPD RI. “Secara umum tidak ada masalah apapun,” katanya kepada Serambi, Rabu (15/5) malam.

Tidak adanya hambatan karena sejak awal operator KIP Aceh telah mengsinkronkan data dengan operator KPU. Sehingg proses rekapitulasi berjalan tanpa debat. “Kecuali rekom Panwascam Lingeu, Aceh Tengah yang sempat diminta klarifikasi dari KIP aceh dan Panwas Aceh,” ungkap dia.

Pada bagian akhir rapat pleno yang dipimpin Komisioner KPU RI, Ilham Saputra itu, kata Akmal, saksi calon presiden (capres) nomor urut 02 meminta waktu kepada pimpinan sidang untuk menyampaikan apresiasi kepada KIP dan masyarakat Aceh yang telah memilih pasangan Prabowo-Sandi.

Seperti diketahui, pasangan capres nomor urut 02, Prabowo-Sandi meraih kemenangan telak atas rivalnya, capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 2.400.746 suara dari total suara sah dalam Pemilu 2019 di Aceh sebanyak 2.804.934 suara.

Selebihnya, atau sekitar 404.188 suara menjadi milik Jokowi-Amin. Turut hadir juga dalam rapat pleno itu, Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Faizah, Marini, dan Naidi Faisal.(mas) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!