Pemko Serahkan Draft Raqan ke DPRK | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemko Serahkan Draft Raqan ke DPRK

Foto Pemko Serahkan Draft Raqan ke DPRK

BANDA ACEH – Pemko Banda Aceh, Selasa (1/3) menyerahkan tujuh draf tentang rancangan qanun (Raqan) usulan eksekutif kepada pimpinan DPRK Banda Aceh, di gedung dewan setempat. Penyerahan itu dilakukan oleh Wakil Wali Kota, Zainal Arifin.

Tujuh draf Raqan yang diserahkan itu berisi tentang retribusi dan regulasi yakni, Raqan tentang retribusi mendirikan bangunan, Raqan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan. Raqan tentang retribusi izin gangguan dan Raqan retribusi izin trayek.

Sedangkan tiga Raqan terakhir tentang regulasi di Banda Aceh, yakni Raqan tentang penyelenggaraan izin gangguan. Raqan pengelolaan sampah, dan Raqan tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kota Banda Aceh.

“Semua Raqan itu harus segera dibahas dan disahkan menjadi qanun, karena menjadi kebutuhan dalam melancarkan pelaksanaan pemerintahan Kota Banda Aceh. Kami harap raqan ini rampung dalam waktu dekat,” ujar Zainal Arifin.

Zainal menjelaskan, dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berubahnya pola konsumsi, maka sampah harus dikelola secara terpadu. Maka Pemko berharap Raqan pengelolaan sampah dapat segera disahkan, karena sampah merupakan barang yang dihasilkan setiap hari. Serta dapat menimbulkan masalah jika tidak dikelola.

Sedangkan Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadilah mengatakan, dalam menyusun Raqan menjadi qanun akan banyak tahapan yang dilalui. Anggota dewan harus melakukan kajian, diskusi, analisa, serta pertimbangan rasional sebelum draft itu ditetapkan jadi qanun. Agar penerapanya dalam masyarakat berjalan efektif. (mun) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id