Polresta Musnahkan Ganja dan Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Bukti dan Tersangkanya

oleh

Polresta Musnahkan Ganja dan Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Bukti dan Tersangkanya

 

Uri.co.id, BANDA ACEH – Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh, memusnahkan 71 bal (71 kilogram) ganja dan 889,9 gram sabu-sabu di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (15/5/2019) pagi.

Seluruh barang bukti (BB) yang dimusnahkan itu diamankan dari sejumlah tersangka yang ditangkap dari berbagai tempat di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kasat Narkoba AKP Budi Nasuha Waruwu SH, kepada Uri.co.id mengatakan total barang bukti jenis ganja yang dimusnahkan 71 kilogram lebih atau 71.731,68 gram. Lalu, untuk narkotika jenis sabu yang dimusnahkan sebanyak 889,8 gram.

“Untuk barang bukti ganja dimusnahkan dengan cara dibakar. Lalu, sabu-sabu dimusnahkan dengan cara diblender serta dilarutkan dengan cairan alkohol,” kata AKP Budi.

Menurutnya,72 bal ganja disita dari tersangka Erwin dan Munir. “Barang bukti ganja diamankan oleh personel Satuan Narkoba pada saat mau dikirimkan oleh pelaku pengiriman ekpress dan Kantor Pos,” kata Budi.

Kemudian petugas melakukan pengembangan dan mendapati tersangka Erwin, pada Selasa, 5 Februari 2019 lalu, di Gampong Weu Siteh Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar.

Kemudian dari keterangan Erwin, tersangka mengaku ganja itu diperoleh dari tersangka Munir. “Di hari dan tanggal yang sama sekitar pukul 19.30 WIB tersangka berhasil kita ringkus di sebuah kedai Gampong Piyeung, Kecamatan Montasik, Aceh Besar,” ungkap Budi.

Selanjutnya, untuk BB sabu-sabu sebanyak 889,8 gram yang ikut dimusnahkan ditangkap dari sejumlah tersangka.

Di antaranya, rinci AKP Budi, dua bungkus sabu-sabu dengan berat 489,26 gram disita dari tersangka Hamdy Asman.

Barang bukti sabu itu ditangkap pada saat tersangka ingin mengirimkan sabu-sabu dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar tujuan Jakarta, pada Jumat, 1 Februari 2019 lalu, sekitar pukul 18.00 WIB. Tapi, rencana tersangka Hamdy berhasil digagalkan oleh petugas.

Kemudian penangkapan juga dilakukan terhadap Syukri yang ditemukan empat bungkus sabu-sabu sebanyak 377,76 gram.

“Penangkapan terhadap tersangka Syukri juga dilakukan di Bandara SIM, pada 12 Februari 2019 lalu, sekitar pukul 05.00 WIB. Begitu juga halnya BB sabu itu mau  dibawa ke Jakarta,” ujar AKP Budi

Terakhir lanjut mantan Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe ini, penangkapan juga dilakukan terhadap M Munir, pada Kamis, 22 Maret 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Sebanyak 22,78 gram disita dari tersangka.

“Pelaku ditangkap di dalam Rutan Klas IIB Kajhu, pada saat tersangka berniat mengedarkan sabu-sabu itu ke dalam rutan,” sebut AKP Budi.

Sabu-sabu yang akan diedarkan tersangka M Munir dikirimkan oleh seseorang yang sampai saat ini masih DPO. “Kini seluruh tersangka ditahan di Polresta sambil menunggu pelimpahan berkasnya ke Kejaksaan,” demikian AKP Budi Nasuha.

Pada saat pemusnahan ikut disaksikan sejumlah pihak, di antaranya dari kejaksaan, dari Pemko Banda Aceh serta sejumlah pihak lainnya.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!