Empat Amalan Sunah yang Dianjurkan Rasulullah SAW pada Bulan Ramadhan

oleh

Empat Amalan Sunah yang Dianjurkan Rasulullah SAW pada Bulan Ramadhan

Uri.co.id, BANDA ACEH – Ramadhan merupakan bulan ampunan dan momen berlomba-lomba untuk ibadah.

Pasalnya, pahala di bulan suci ini akan dilipat gandakan.

“Allah membuka pintu ampunan seluas-luasnya. Selain itu pada Bulan Ramadhan, satu nilai pahala akan dilipat gandakan menjadi 10,” ujar Ustadz Haji Aslam Nur MA dari Ketua PW Muhamadiyah Aceh saat menjadi narasumber untuk program Serambi Spiritual Radio Serambi FM bertajuk ‘Berlomba meraih pahala di Bulan Ramadhan’, Rabu (15/5/2019).

Program tersebut dipandu oleh Host Radio Serambi FM, Tya Andalusia.

Ustadz Aslam menjelaskan, setiap kebaikan di Bulan Ramadhan, seperti ibadah sunah bernilai pahala seperti melaksanakan ibadah wajib.

Namun, Ustadz Aslam mengingatkan, dalam berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebesar-besarnya, kita hendaknya jangan terjebak dalam egoisme ibadah yang justru menyakiti orang lain, dalam upaya kita meraih pahala tersebut.

Ia mencontohkan, dalam pelaksanaan tawaf saat ibadah umrah, jangan karena ingin cepat malah menyikut jamaah yang lain.

“Nah! Ini yang kadang-kadang kita lupa. Bukan hanya pada Bulan Ramadhan, tapi juga di bulan-bulan lain,” imbuh Ustad Aslam.

Dalam mengejar pahala, selain meningkatkan kuantitas, ibadah sunah yang dikerjakan juga harus memperhatikan kualitas, seperti halnya ajaran Rasulullah Saw.

Adapun ibadah sunah yang dianjurkan pada Bulan Ramadhan kata Ustad Aslam yaitu shalat tarawih, qiyamul lail, dan terutama memberi makan orang berbuka puasa serta memberi infaq kepada orang yang membutuhkan.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!