Polisi Berupaya Ungkap Kasus Penemuan Granat di Depan Pagar Pendapa Bupati Abdya

oleh

Polisi Berupaya Ungkap Kasus Penemuan Granat di Depan Pagar Pendapa Bupati Abdya

Uri.co.id, BLANGPIDIE – Granat jenis nenas yang ditemukan di pinggir Jalan Nasional, depan pagar Pendapa Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) di Gampong Geulumpang Payong, Blangpidie, berhasil dijinakkan, Selasa (14/5/2019) sore, sekitar pukul 18.05 WIB.  

Granat diduga masih aktif tersebut dijinahkan oleh personel Brigade Mobil (Brimob) Kompi 5 Trumon, Kabupaten Aceh Selatan dan Brimob Kompi 4 Ujong Patihah, Kabupaten Nagan Raya atau Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh.

“Operator yang menjinakkan granat yang ditemukan di lokasi adalah Brimob Trumon,” kata Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK kepada Uri.co.id di lokasi pasca diamankan granat jenis nenas tersebut.

Setelah berhasil diamankan granat yang didua masih aktif akan dimusnahkan.

Kapolres Abdya menjelaskan tetap melakukan penyelidikan dalam upaya mengungkapkan pelaku dan motif tindakan meletakkan granat di depan pagar Pendapa Bupati Abdya.

Masyarakat diminta tidak panik karena dipastikan Abdya tetap aman.

Pantauan Uri.co.id, upaya penjinakkan granat jenis nenas tersebut dilakukan sekira pukul 18.00 WIB oleh personel Brimob yang dilengkapi pakaian khusus yang bertindak sebagai operator.

Sebelum dijinakkan, petugas dan pihak kepolisian sempat mensterilkan lokasi dengan radius sekitar 30 meter kiri dan kanan lokasi, dikarenakan banyak warga yang menonton.

Arus lalu lintas dari dua arah ditutup sekitar 5 menit.  

Masih berdasarkan amatan Uri.co.id, setelah granat tersebut berhasil dijinakkan, suasana Pendapa Bupati Abdya berlokasi di Gampong Geulumpang Payong atau di pingir Jalan Nasional Blangpidie-Tapaktuan, tampak kondusif.

Beberapa personel Satpol PP Abdya tetap melaksanakan tugas piket seperti biasa.  

Bupati Akmal Ibrahim bersama anggota keluarga serta para jamaah dilaporkan melaksanakan shalat tarawih di Mushalla dalam Kompleks Pendapa, Selasa malam.

Kegiatan shalat tarawih di Mushalla Pendapa yang dilanjutkan pengajian berlangsung berlangsung sejak awal Ramadhan berjalan normal hingga Selasa malam, tadi.     

Seperti diberitakan, Pendapa Bupati Abdya, diteror dengan granat sangat menggegerkan.

Satu granat nenas yang diduga masih aktif yang diletakkan pelaku tidak dikenal ditemukan di bahu Jalan Nasional (Jalan Raya) persis depan pagar Pendapo Bupati Abdya di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Selasa (14/5/2019) siang.

Informasi yang sangat menyentak itu pun segera menyebar, sehingga dalam waktu singkat Jalan Nasional kawasan Pendapo Bupati Abdya dipadati warga.

Personel Polres Abdya bertindak cepat melakukan pengamanan lokasi agar tidak terjadi peristiwa tidak diinginkan mengingat granat jenis nenas itu diduga masih aktif dan bisa meledak.

Police line dipasang di lokasi, warga dilarang mendekat.

Satu unit kendaraan taktis (rantis) dari Polres Abdya tiba di lokasi, kemudian parkir di titik lokasi granat ditemukan atau depan pagar Pendapa Bupati Abdya.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!