Berikut Daftar Makanan yang Dianjurkan dan Perlu Dihindari saat Sahur, Apa Saja?

oleh

Uri.co.id – Pada bulan Ramadan, setiap Muslim diwajibkan puasa hingga lebih dari sepuluh jam.

Meski berpuasa, Anda jangan sampai kehilangan asupan gizi.

Selain itu, jangan sampai kesehatan Anda terganggu waktu puasa.

Sehingga, Anda harus pintar-pintar memilah makanan saat sahur.

Saat sahur, usahakanlah memakan makanan yang dapat membuat energi Anda bertambah serta terhindar dari dehidrasi.

Namun, adapula makanan yang ternyata harus kamu hindari karena juga dapat membuatmu dehidrasi.

Berikut makanan yang dianjurkan saat Sahur dikutip dari khaleejtimes.com :

1. Makanan kaya protein

Saat sahur, And dianjurkan makan makanan kaya protein seperti telur.

Telur merupakan bahan makanan yang kaya protein dan gizi.

Selain, dapat membantu Anda untuk tetap kenyang, pengolahan telur juga cukup mudah.

2. Makanan kaya serat

Satu di antara bahan makanan yang mengandung kaya serat adalah Oat meal.

Oat meal merupakan makanan yang cocok bagi tubuh Anda saat berpuasa.

Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan.

Selain itu, oat meal juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah.

Sehingga cocok untuk membuat Anda tetap berenergi saat puasa puasa.

Tak hanya oat meal, sayur-sayuran juga merupakan bahan makanan yang kaya serat.

3. Makanan kaya kalsium dan vitamin

Susu merupakan sumber nutrisi yang baik.

Cobalah mengosumsi smoothie yoghurt dan milk shake madu agar Anda tetap berenergi serta menjauhi dehidrasi sepanjang hari.

Berikut makanan yang baiknya dihindari saat Sahoor:

1. Hindari makanan olahan berkabohidrat ringan

Saat sahoor, hindarilah makan-makanan olahan berkarbohidrat ringan, seperti makanan yang dibuat dari tepung.

Misalnya, kue kering hingga donat.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut rendah nutrisi yang hanya dapat membuatmu berenergi selama 3 hingga 4 jam saja.

2. Hindari makanan asin

Makanan asin mengandung kadar natrium yang tinggi.

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh Anda dapat membuat Anda sangat haus saat berpuasa.

Maka cobalah untuk menghindari makanan-makanna asin.

3. Hindari minuman berkafein

Kopi mengandung kafein yang dapat mengarah pada insomnia dan kegelisahan.

Selain itu, kopi juga membuat Anda cepat terhidrasi.

(Wow.com/Mariah Gipty)

wow.com Jenis-jenis Makanan yang Dianjurkan dan Perlu Dihindari saat Sahur, Apa Saja? ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!