Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam Dilantik Hari Ini

oleh

SUBULUSSALAM – Pasangan Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian SE/Drs Salmaza MAP akan dilantik secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT mewakili Presiden, Selasa (14/5) hari ini di Gedung DPRK Subulussalam.

Kepastian jadwal pelantikan Affan Bintang/Salmaza tersebut disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Subulussalam sekaligus panitia pelaksana lokal, Khainuddin SKM, kepada Serambi di Kota Subulussalam, Senin (13/5) siang.

Menurut Khainuddin, pelantikan orang nomor satu dan nomor dua di Kota Sada Kata itu digelar dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRK Subulussalam. Sejumlah kepala daerah tetangga akan diundang dalam pelantikan Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam, misalnya Bupati Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, bahkan Bupati Pakpak Bharat dan Dairi, Sumatera Utara.

Panitia juga mengundang Ketua DPR Aceh, Sulaiman MSM, Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al-Haythar, Danrem Teuku Umar, Anggota DPR Aceh daerah pemilihan (dapil) 9 dan tamu undangan lainnya.

Khainuddin juga memastikan bahwa undangan telah disampaikan kepada mantan wali kota Subulussalam Merah Sakti SH dan istrinya Ny Sartina NA. “Untuk mantan wali kota Subulussalam, Pak Merah Sakti dan istri sudah kita sampaikan undangan melalui Asisten II Setdako,” kata Khainuddin.

Sartina dan pasangannya merupakan kandidat wali kota/wakil wali kota pada pilkada kali ini, tapi perolehan suara pasangan ini di bawah suara yang diraih Affan Bintang/Salmaza.

Khainuddin memastikan bahwa semua persiapan sudah 95 persen tuntas. Sehari sebelum pelantikan, yakni Senin (13/5) hari ini akan digelar geladi bersih yang dipandu Bagian Protokoler Setda Aceh.

Khainuddin menambahkan, total jumlah undangan pelantikan sang pimpinan Kota Subulussalam itu besok mencapai 2.000 orang. “Setelah pelantikan wali kota/wakil wali kota akan digelar pelantikan Tim Penggerak PKK di Pendapa Wali Kota Subulusalam,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Affan Bintang/Salmaza ditetapkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) sebagai calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam terpilih setelah mengalahkan empat pasangan lain yang ikut bertarung pada Pilkada 28 Juni 2018. Penetapan paslon usungan Hanura, PAN, PKPI, dan PNA ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka KIP Subulussalam yang digelar, Senin (13/8/2018).

Dalam berita acara rapat pleno disebutkan pasangan nomor urut 5 atau “Bisa” meraih suara terbanyak, yakni 19.211 suara atau 41,59 persen dari total suara sah. Kemudian disusul pasangan nomor urut 2, Sartina/Dedi Anwar Bancin 13.679 suara. Lalu pasangan nomor urut 3 Asmaudin/Asmidar meraih 11.933 suara, dan pasangan nomor urut 4 Ansari/Sabarudin 1.221 suara, serta pasangan nomor urut 1 Jalaluddin/Wagiman 139 suara.

Pantauan Serambi di lapangan, Minggu (12/5) di Gedung DPRK Subulussalam tampak mulai sibuk dengan berbagai persiapan. Pendapa Wali Kota Subulussalam di Jalan Prof Ali Hasjmy juga mulai dibenahi. Pasalnya, sore selepas pelantikan dijadwalkan akan digelar buka puasa bersama di Pendapa Wali Kota Subulussalam.

Sekadar diketahui, Affan Alfian Bintang merupakan mantan wakil wali Kota Subulussalam perdana saat berpasangan dengan Merah Sakti dan dijului pasangan‘Sabit’. Pada pilkada perdana 2008 lalui, Sakti/Bintang menjadi pemenang mendapat selisih 193 suara dari rivalnya Asmauddin/Salmaza alias Assalam. Sedangkan Salmaza merupakan Wakil Wali Kota Subulussalam yang berpasangan dengan Merah Sakti pada Pilkada 2013. (lid) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!