Sekdako Diminta Koordinir DMPG

oleh

* Untuk Percepat Pencairan Dana Desa

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meminta Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banda Aceh untuk mengkoordinir Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) dan pihak kecamatan agar pencairan dana desa tahun 2019 bisa lebih maksimal.

Penegasan tersebut disampaikan Wali Kota agar dalam keterangan tertulisnya yang diterima Serambi, kemarin. Dia menyatakan, target pencairan dana desa di wilayah Kota Banda Aceh supaya terlaksana lebih cepat. Sampai saat ini tercatat sudah 25 gampong sudah mencairkan dana desanya. “Meski pencairannya terjadi peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu, namun saya berharap jumlah itu bisa terus bertambah. Saya targetkan pada 25 Mei ini sebanyak 81 gampong atau 90 persen sudah mencairkan dana desanya,” tandas Aminullah.

Untuk mempercepat pencairan dana desa tersebut, Wali Kota langsung menunjuk Sekdako Banda Aceh, Ir Bahagia, untuk terus melakukan koordinasi dengan DMPG dan pihak kecamatan. Dia menyakini, masih banyaknya gampong yang belum mencairkan dana desanya karena menghadapi beberapa kendala.

Karena itu, Aminullah meminta instansi terkait dan pihak kecamatan untuk membantu dan melakukan pendampingan terhadap gampong-gampong yang belum mencairkan dana desa. “Saya tak ingin ada gampong yang tak mencairkan dana desa karena kesulitan mengajukkan permohonan. Karena itu saya minta agar diberikan pemdampingan oleh pihak kecamatan,” tegasnya.

Meski baru 22,5 persen gampong yang sudah mencairkan dana desa, Aminullah tetap optimis target realisasi bisa tercapat tepat waktu. Wali Kota juga mengapresiasi gampong-gampong di Kecamatan Banda Raya yang saat ini telah mencairkan dana desa. Dari seluruh gampong di kecamatan itu, hanya satu gampong yang belum cair, karena sedang dievaluasi pihak kecamatan.

Wali Kota berharap, kesuksesan gampong-gampong di Banda Raya dapat diikuti oleh gampong-gampong lain di Banda Aceh. Dengan terus dilakukan pendampingan, minimal per tanggal 25 Mei persentase pencairan bisa mencapai minimal 90 persen.

“Harapan kita, dengan pendampingan semakin banyak gampong dapat mencairkan dana desa. Minimal hingga tanggal 25 Mei bisa mencapai 90 persen,” harap Aminullah.

Menurut Aminullah, pencairan dana desa akan berdampak pada peningkatan produktifitas perekonomian gampong serta menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.(aji) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!