Ngabuburit Sambil Berburu Takjil, Ini 10 Pusat Kuliner dan Jajanan Selama Ramadhan di Banda Aceh

oleh

 
Ngabuburit Sambil Berburu Takjil, Ini 10 Pusat Kuliner dan Jajanan Selama Ramadhan di Banda Aceh

Uri.co.id, BANDA ACEH  –  Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan yaitu saat berbuka puasa, baik berbuka bersama keluarga di rumah maupun bersama kerabat di luar rumah.

Biasanya aktivitas warga jelang berbuka yaitu berburu kuliner, jajanan ataupun takjir sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Aktibitas ini juga dikenal dengan istilah ngabuburit.

Sehingga untuk melayani permintaan warga, ribuan lapak pedagang takjil dadakan bermunculan di seluruh penjuru Kota Banda Aceh, terutama di pinggir jalan protokol atau jalan utama.

Meskipun jajanan atau takjil ini dapat ditemui di semua tempat, namun Uri.co.id merangkup ada 10 titik yang sudah menjadi sentra penualan jajanan atau takjil.

Biasanya di tempat sentra seperti itu, warga dapat menemui semua kebutuhan dalam satu kawasan karena pedagang yang berjualan sangat ramai.

Berikut sejumlah lokasi yang menurut Uri.co.id menjadi sentra jajanan dan takjil:

1.      Kampung Baru (Rujak Garuda)

Lokasi penjualan jajanan dan takjil berada di jantung kota Banda Aceh yang berada di di Jalan Tengku Pulo Dibaroh, Gampong Kampung Baru, atau lebih dikenal dengan kawasan Rujak Garuda Aceh.

Lokasinya berupa satu ruasa jalan yang kiri kanan dipenuhi gerobak berbagai penganan. Lokasi ini juga dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Masjid Raya Baiturrahman, Pasar Aceh atau Lapangan Blangpadang.

Di Kampung Baru, warga harus memarkirkan kendaraan dulu di kawasan tersebut kemudian berjalan kaki di area jajanan.

2.      Lampineung

Sepanjang jalan Panglima Nyak Makam, Lampienueng anda akan disuguhkan ratusan pedagang yang memanjakan para pemburu takjil. Lokasi ini memang berdekatan dengan pusat perkantoran maupun permukiman warga di Banda Aceh.

Namun karena menggunakan tepi jalan, para pengunjung harus bersabar dengan kemacetan yang mengadang saat berburu takjil.

3.      Kopelma Darussalam

Salah satu sentra takjil di Kecamatan Syiah Kuala ialah di Jalan Lingkar Kampus. Biasanya para pedagang menempati lapak jualannya di trotoar.

Disini para pengunjung dapat membeli berbagai macam panganan ringan sampai sampai makanan berat, seperti kolak, kanji, gorengan, nasi dan makanan lainnya.

Rata-rata pedagang maupun pembeli di sana ialah mahasiswa, yang ingin meraup rezeki di bulan penuh berkah ini. Karena kawasan ini memang kawasan kampus.

4.      Simpang Punge Blang Cut

Penjual takjil juga terdapat di Jalan Sultan Iskandar Muda – Simpang Punge Blang Cut, yaitu jalan yang mengarah ke Pantai Ulee Lheue

Bagi anda yang ingin melanjutkan dengan ‘makanan berat’ para pengunjung bisa mendapatkan sejumlah makanan seperti nasi goreng, bakso, sate di lokasi ini. Tapi, makanan ringan pun cukup banyak pilihan yang dijajakan di sepanjang jalan arah ke Ulee Lheue.

Sebenarnya di lokasi ini, anda tidak perlu menunggu bulan puasa untuk dapat berburu makanan di sini, sebab pada hari biasa pun lokasi ini selalu ramai.

5.      Peunayoung

Peunayong cukup populer bagi masyarakat Aceh maupun wisatawan yang datang ke Banda Aceh. Karena meskipun tidak Ramadhan tempat ini tetap menjadi pusat kuliner.

Jika ramadhan, tempat ini, tepatnya di jalan Imam Bonjol atau samping Bioskop Garuda, menjadi salah satu lokasi takjil terpadat di Banda Aceh.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan pasar Aceh, menjadikan lokasi ini ramai dikunjungi warga. Disini, anda juga bisa menemukan makanan tradisional Aceh, seperti sambai oen peugaga, kanji pidie, urap, rujak, lemang dan beragam makanan lainnya.

Karena Peunayong dikenal sebagai Pecinan Banda Aceh, maka beberapa penjualnya merupakan etnis tionghoa sebagai penduduk asli setempat. Sehingga nuansa keberagaman saat terasa di kawaan ini.

6.      Simpang Tujuh Ulee Kareng

Kawasan simpang tujuh Ulee Kareng juga kerap menjadi lokasi berburu para pencari takjil pada ramadan. Selain banyak yang menjajakan minuman pemuas dahaga, di lokasi ini juga banyak pedagang takjil makanan ringan hingga berat.

lokasi ini, anda tidak perlu menunggu bulan puasa untuk dapat berburu makanan di sini, sebab pada hari biasa pun lokasi ini selalu ramai.

7.      Taman Makam Pahlawan

Jalan Taman Makam Pahlawan, Peuniti juga banyak berjejer para pedagang takjil. Tempat ini, juga menjadi lokasi para pemburu takjil.

Banyak pedagang yang menjual berbagai makanan disini. Misalnya, aneka gorengan, kolak, lemang, mi dan minuman pemuas dahaga seperti air tebu, kelapa, cendol dan banyak lainnya.

Lokasinya tempat di depan Makam Pahlawan, kawasan ini sangat ramai karena dikelilingi sejumlah gampong yang menjadi pemukiman padat penduduk. Biasanya kemacetan akan menjadi ciri khas kawasan ini.

8.      Jalan Rama Setia Lampaseh

Jalan Rama Setia merupakan salah satu akses jalan ke Masjid raya maupun Pasar Aceh, sehingga di kawasan ini juga terdapat puluhan pedagang yang berjejeran di sepanjang jalan. Karena jalannya sempit, kawasan ini juga tampak cukup padat saat jelang berbuka.

9.      Lambaro Kafe

Lambaro Kafe ini merupakan kawasan pusat perekonomian di gerbang masuk Kota Banda Aceh, yang berada di kawasan Aceh Besar. Kawasan ini sudah sejak lama menjadi pusat pejualan takjil selama Ramadhan, karena memang sebagai kawasan ramai.

Apalagi saat pertumbuhan pemukiman penduduk di kawasan meningkat tajam, sehingga kebutuhan warga di kawasan itu juga meningkat.

10.  Keutapang

Terakhir, ada keutapang yang berada di kawasan Aceh Besar, di sepanjang jalannya juga cukup banyak tersedia jajanan untuk berbuka.

Keutapang ini cukup padat karena ramai kompleks perumahan hingga markas tentara di kawasan ini

Para pedagang takjil ini, sebahagian mereka ialah pedagang musiman. Meski begitu, pihak Pemerintah Kota Banda Aceh, sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak membuka lapak dagangannya di bawah pukul 16:00 WIB. (*)
 
 
 
 
  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!