Kontainer Disediakan, Warga Masih Buang Sampah di Jalanan

oleh

Kontainer Disediakan, Warga Tetap Buang Sampah di Jalanan

 

 

Uri.co.id, KOTA JANTHO – Miris sekaligus prihatin melihat tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih sangat rendah.

Meski, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, telah menyediakan tiga kontainer di pinggir Jalan Cut Nyak Dhien, Gampong Ajun, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Tapi, untuk membuang sampah ke dalam kontainer yang telah disediakan di lokasi itu terasa enggan dilakukan oleh warga setempat.

Malah, ada sebagian warga yang khusus membawa sampah rumah tangga menggunakan mobil hanya sekedar membuka kaca jendela mobil, dan langsung melemparkan sampah keluar. Masuk atau tidaknya sampah ke dalam kontainer, sepertinya tidak menjadi masalah.

Kondisi kurang kesadaran dari warga untuk membuang sampah ke dalam kontainer membuat warga setempat terenyuh, seperti diungkapkan Nurhayati, penjual buah di seberang jalan di sekitar lokasi tersebut.

Menurutnya, sampah-sampah di luar kontainer yang berserakan itu menimbulkan bau yang sangat busuk. Karena, dari kumpulan sampah-sampah itu, mulai dari sisa daging dan ikan sampai pampers anak-anak ikut dibuang di sana.

Memungut sampah di luar kontainer itu, menurutnya menjadi ‘tugas tambahan’ bagi petugas kebersihan yang berjibaku dengan memungut sampah di jalanan dan di luar kontainer untuk dimasukkan kembali ke dalam penampung baja tersebut.

“Kami juga heran melihatnya. Kontainer sampai tiga unit disediakan. Tapi, kok masih ada yang buang sampah di luar kontainer. Apa rasa kepedulian itu memang sudah pudar dari masyarakat atau memang melihat itu sudah menjadi tugasnya petugas kebersihan,” sebutnya.

Hendri, warga setempat menambahkan bahwa pemerintah daerah harus tegas. Harus menempatkan ‘intelijen’ sampah untuk memantau lokasi. Begitu mengetahui ada yang membuang sampah di luar kontainer langsung ditegur serta sarannya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menggodok sebuah aturan yang mengikat, berupa sanksi berat bagi yang membuang sampah di luar kontainer.

Tentu, sebutnya pemerintah harus menyosialisasi terlebih dahulu, misalnya menempatkan plang larangan di lokasi dan mencantumkan sanksi yang akan dikenakan. “Kami masyarakat disini sangat terganggu melihat kondisi ini. Pemerintah harus sesegera mungkin memikirkan solusi apa yang terbaik agar masyarakat tidak suka-suka membuang sampah di luar kontainer.

Di samping itu, kami juga sayang melihat petugas yang bergelut dengan sampah yang di luar kontainer yang harus dimasukkan kembali ke dalam kontainer sebelum dibawa ke tempat pembuangan sampah,” pungkas Hendri.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!