Polsek Luengbata Tangkap Tiga Pemuda Curi HP dan Seorang Penadah

oleh

Polsek Luengbata Tangkap Tiga Pemuda Curi Hp, Satu Penadah,

 

 

Uri.co.id, BANDA ACEH – Personel Polsek Luengbata, Banda Aceh, menangkap tiga pemuda yang diduga terlibat pencurian pesawat HP di Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh.

Ketiga pemuda yang tercatat warga Kecamatan Luengbata itu berinisial RR (19), AH (18), dan RF (17).

Lalu seorang penadah atau penampung HP curian merek Xioami Red Mi 5A yang diambil oleh ketiga pemuda tersebut, berinisial AL (37) warga Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH kepada Uri.co.id, Senin (12/5/2019) mengatakan pencurian itu dilaporkan oleh M Irfanda (15) warga Darul Imarah, Aceh Besar, berdasarkan Laporan Polisi Nomor:  LP.B/25/V/YAN 2.5/2019/SPK, tanggal 11 Mei 2019.

Pencarian Hp itu terjadi di Masjid Al-A’la, Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh, pada Rabu, 8 Mei 2019, sekitar pukul 16.00 WIB, korban mengetahui HP-nya hilang.

Menurut Trisno Riyanto, pencurian Hp itu terjadi pada saat korban dan rekannya sekitar pukul 12.00  WIB, duduk di gedung sebelah Masjid Al-A’la, Gampong Cot Mesjid.

Kemudian korban turun turun dari gedung itu menuju ke balai yang berada di sebelah masjid untuk mengecas pesawat HP-nya dan menaruh di dalam saku bajunya dan melipatnya. 

Selanjutnya korban tertidur di balai tersebut, hingga korban terbangun  pukul 16.00 WIB dan mengetahui HP Xiaomi Red Mi 5A warna merah muda di saku bajunya telah hilang. Lalu korban mengecek di sekitar balai tersebut dan tidak menemukannya.

“Lalu, pada Hari Sabtu, 11 Mei 2019, pukul 10.00 WIB korban membuat laporan ke Mapolsek Luengbata,” kata Kombes Trisno.

Setelah mendapatkan keterangan awal dari korban, termasuk melihat CCTV Masjid Al-A’la, terlihat seseorang yang dia kenal mengambil Hp-nya bersama dua rekannya yang lainnya.

“Penyelidikan pun mulai dilakukan  personel Polsek Luengbata. Pada hari itu juga petugas berhasil menangkap pelaku pertama sekitar pukul 11.00 WIB, berinisial RF,” kata mantan Kabag Bingkar Biro SDM Polda Aceh ini.

Selanjutnya, personel melakukan pengembangan dan dilakukan penangkapan kedua terhadap tersangka berinisial RR dan AHI di hari yang sama sekitar pukul 11.30 WIB.

“Setelah diintrogasi keberadaan HP curian itu, ketiga tersangka mengaku sudah menjual ke sebuah toko ponsel di kawasan Lampaseh, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh,” ungkap mantan Kapolres Aceh Tenggara ini.

Selanjutnya, pada Minggu (12/5/2019) siang, personel Polsek Luengbata mengamankan AL, penampung Hp curian itu dan berhasil mengamankan barang bukti Hp Xiaomi Red Mi 5A warna merah muda milik korban dari tangan penadah tersebut.

“Tiga pemuda yang mencuri Hp milik korban dan satu penampung barang curian itu kini diamankan di Mapolsek Luengbata,” ungkap Kapolresta Banda Aceh ini.
Tiga tersangka pencuri pesawat HP diamankan di Mapolsek Luengbata, Banda Aceh, Senin (13/5/2019)

Tiga tersangka pencuri pesawat HP diamankan di Mapolsek Luengbata, Banda Aceh, Senin (13/5/2019) (Uri.co.id/MISRAN ASRI)

Kombes Trisno juga mengingatkan kepada seluruh warga untuk tidak sekali-kali menampung barang yang tidak jelas asal usulnya. Apalagi, sampai membeli suatu barang itu tidak ada dokumen yang sah.

“Kami sudah sering mengingatkan dan mengimbau warga untuk tidak membeli barang-barang yang tidak jelas asal-usulnya. Apalagi dijual dengan harga di bawah standar, sehingga dapat dipastikan itu barang curian. Kalau ketahuan menampung barang curian risikonya akan berat, karena akan diproses secara hukum,” pungkas Kombes Pol Trisno Riyanto SH.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!