Balai Pustaka Kembali Selenggarakan Sanggar Sastra, Kerjasama dengan Komunitas Musikalisasi Puisi

oleh

Balai Pustaka Kembali Selenggarakan Sanggar Sastra, Kerjasama dengan Komunitas Musikalisasi Puisi

Uri.co.id, JAKARTA – Penerbit buku sastra tertua Indonesia, Balai Pustaka, kembali menyelenggarakan program Sanggar Sastra Balai Pustaka (SSBP) bekerjasama dengan Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia atau KOMPI.

“Insya Allah SSBP Angkatan IV kita mulai lagi pada Juli 2019 selepas lebaran dan libur sekolah,” kata Sekjen KOMPI, Irma Komala Syahni seusai pertemuan Pengurus KOMPI dengan Aan Munadi, General manager Media Production Divisi, Balai Pustaka dan Huri Yani, Manajer Library Heritage and Community Departement, Balai Pustaka, di Kantor Balai Pustaka Jakarta, Senin (13/5/2019).

Angkatan I SSBP pada 2017, Angkatan II dan Angkatan III 2018, dan Angkatan IV pada 2019. Masing-masing angkatan beranggotakan 100 peserta.

Irma menjelaskan, peserta SSBP terdiri dari siswa sekolah menengah/sederajat, mahasiswa, sanggar seni dan mum. Materi diajarkan menulis puisi dan prosa, musikalisasi puisi, deklamasi, monolog.

“Selain kelas sastra, dalam Angkatan IV ini juga kita buka kelas musik gamelan,” kata Irma.

Seperti angkatan sebelumnya, seluruh kegiatan pelatihan dipusatkan di Balai Pustaka Jalan Bunga, Matraman Jakarta Pusat. Selesai mengikuti pelatihan, para peserta SSBP akan mempresentasikan hasil pelatihan singkat itu dalam parade sastra.

General manager Media Production Divisi, Balai Pustaka, Aan Munadi menyatakan SSBP merupakan salah satu cara memperkenalkan sastra kepada generasi muda Indonesia dan mencintai sastra Indonesia. “Dengan begitu nilai-nilai yang terkandung dalam sastra bisa diserap generasi kita,” kata Aan Munadi.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!