Pelunasan Tahap Kedua Ditutup

oleh

* 37 CJH tidak Lunasi BPIH

BANDA ACEH – Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap kedua yang dibuka mulai 30 April sudah ditutup 10 Mei lalu. Ada sekitar 37 calon jamaah haji (CJH) Aceh yang tidak melunasi pada tahap ini karena berbagai alasan.

“Tanggal 10 Mei berakhir pelunasan tahap kedua. Ada 37 orang yang tidak melunasi dengan berbagai alasan,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi SSi kepada Serambi, Minggu (12/5).

Dijelaskan, pelunasan BPIH tahap kedua ini diprioritaskan kepada CJH yang mengalami kegagalan proses pelunasan akibat gangguan jaringan Siskohat atau Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH. Kemudian, CJH yang belum masuk dalam daftar jamaah haji berhak melunasi pada tahap pertama karena kesalahan sistem.

Selanjutnya, CJH yang sulit dihubungi karena hambatan komunikasi dan geografis, CJH yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua atau sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, namun datanya belum dientri oleh Dinas Kesehatan atau Kementerian Kesehatan. Serta CJH yang masuk pada tahap pertama, namun berstatus tidak istithoah sementara, dan pada saat menjelang pelunasan tahap kedua ditetapkan sudah memenuhi istithoah kesehatan.

Ketika ditanya bagaimana untuk mengisi sisa kouta pada tahap kedua itu, Samhudi mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Jakarta terkait pengisian sisa kuota tersebut. “Saat ini sedang menunggu apakah sekalian ditambah ke kouta haji tambahan pada tahap ketiga nanti. Ini masih tunggu juknis dari Jakarta, sampai saat ini belum ada,” sebutnya.

Ia menambahkan, dalam juknis itu juga nanti akan dijelaskan terkait pelunasan BPIH untuk CJH yang masuk dalam kuota haji tambahan. Pada pemberitaan sebelumnya, Aceh mendapatkan 258 kouta haji tambahan pada musim haji tahun ini, masing-masing 129 untuk CJH regular, dan 129 lagi untuk CJH lansia serta pendamping.

Artinya, 50 persen diberikan kepada CJH reguler berdasarkan antrean. Sementara 25 persen kepada CJH lansia serta 25 persen lagi akan diberikan untuk pendamping calon jamaah lansia.

Tahap Pengumpulan Paspor
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi menambahkan, saat ini persiapan haji lainnya yaitu sedang tahap pengumpulan paspor CJH dari daerah ke provinsi. “Persiapan haji saat ini sedang validasi, verifikasi paspor dari daerah. Sudah mulai berjalan sekarang pengumpulan paspor dari daerah,” katanya.

Dikatakan, paspor yang diterima pihaknya itu akan diverifikasi dan validasi datanya yang selanjutnya dibawa ke Jakarta untuk pembuatan visa.(una) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!