Hari Ini, Hasil UN SMA Diumumkan

oleh

BANDA ACEH – Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA, SMK, dan MA akan diumumkan hari ini, Senin (13/5) sore, baik melalui website sekolah maupun ditempel di papan pengumuman masing-masing institusi pendidikan. Ujian Nasional tingkat SMA/sederajat di Aceh ini diikuti 74.062 peserta, dengan rincian 43.250 siswa SMA, 14.697 MA, dan 16.115 siswa SMK.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin SPd MPd yang didampingi Ketua Panitia Ujian Nasional Aceh 2019, Zulkifli SPd MPd, Minggu (12/5), di Kantor Disdik Aceh, Jalan Daud Beureueh, Banda Aceh. “Hasil ujian nasional untuk SMA sederajat akan diumumkan Senin, 13 Mei 2019 di sekolah masing masing sekitar pukul 16.30 WIB,” ujar Syaridin.

Dia mengatakan, UN tidak hanya meningkatkan kemampuan intelektual siswa, namun yang terpenting terjadi peningkatan karakter islami yang merupakan ciri khas masyarakat Aceh yang menjalankan syariat Islam. “Hal ini harus lebih tampak pada siswa dalam menjalankan aktivitas sehari harinya nanti,” katanya.

Syaridin berharap tidak ada siswa yang tidak lulus. Sebab kata Kadisdik, kelulusan atau tamat tidaknya seseorang dari SMA sederajat tidak hanya tergantung pada hasil UN. “Yang menentukan kelulusan siswa adalah sekolah. Hasil UN merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi siswa untuk dapat lulus,” imbuh dia.

Lebih rinci, Syaridin memprediksi hanya siswa siswa yang tidak menyelesaikan tugasnya lah yang mungkin belum bisa diluluskan. Namun bagi siswa yang memenuhi semua tugasnya, pasti akan lulus. “Kalaupun ada yang mendapat nilai rendah, akan diberi kesempatan untuk memperbaikinya pada Juli mendatang,” jelas Kadisdik Aceh, seraya berharap anak anak Aceh dapat lulus dengan nilai tinggi dan memenuhi standar.

Sementara Ketua Panitia Ujian Nasional Aceh 2019 yang juga Kabid SMA Disdik Aceh, Zulkifli SPd MPd mengatakan, UNBK tahun 2019 di Aceh diikuti total 169.554 siswa SMP dan SMA sederajat. Mereka berasal dari 2.774 satuan pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Aceh. “Untuk tingkat SMP sederajat, kelulusan UN-nya akan diumumkan pada 22 Mei mendatang. Total ada 87.127 siswa SMP sederajat di Aceh yang ikut UN tahun ini,” sebutnya.

Imbau tak Coret Seragam
Pada bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin SPd MPd mengimbau para siswa SMA sederajat di Aceh agar tidak merayakan kelulusan dengan cara yang tidak sesuai syariat Islam seperti konvoi, hura hura, dan coret seragam. Imbauan tersebut juga sudah disampaikan Kadisdik Aceh kepada seluruh kepala sekolah di kabupaten/kota di Aceh.

“Tidak ada anak anak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoret coret seragam sekolah, apalagi ini pada bulan suci ramadhan, lakukanlah segala sesuatu yang bernilai ibadah. Apabila seragam dan peralatan sekolah itu tidak diperlukan lagi, sedekahkan kepada adik adik kelasnya yang lebih membutuhkan,” tegas Syaridin. Untuk itu, dia meminta seluruh kepala sekolah, dewan guru, orang tua, serta masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar tidak melakukan perbuatan tak berguna itu.(fit) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!