Perolehan Suara Capres/Cawapres di Aceh, Prabowo Menang Telak, Jokowi tak Sampai Lima Ratus Ribu

oleh

Uri.co.id, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Senin (13/5/2019) pukul 00.20 telah menyelesaikan pleno atau rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019 di Aceh.

Pimpinan rapat pleno dari Komisioner KIP Aceh, membaca satu per satu hasil penghitungan suara, mulai dari pemilihan presiden, DPRA, DPR RI, dan DPD RI.

Untuk presiden/wakil presiden, total suara sah dalam Pemilu 2019 di Aceh sebanyak 2.804.934 suara. 

Dari total suara sah itu, pasangan capres/cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 404.188, suara pasangan ini tak mencapai lima ratus ribu.

Sedangkan pasangan capres/cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga meraup suara sebanyak 2.400.746

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah mengatakan, meski pihaknya sudah menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di Aceh dari semua kabupaten/kota, namun pihaknya tidak menetapkan perolehan kursi untuk DPRA, DPR RI, dan DPD RI. 

Menurutnya, sesuai dengan PKPU nomor 5 dan nomor 4 tahun 2019, pihaknya hanya menetapkan rekapitulasi perolehan suara saja. 

“Perolehan suara di setiap kabupaten/kota yang tertuang dalam DB1 akan kami tuangkan dalam DC1. Yang kami tetapkan hanya perolehan suaranya, sedangkan perolehan kursi akan ditetapkan KPU RI berdasarkan rekapitulasi,” ujarnya.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!