Bekraf-BNI Syariah Gelar Deureham, 200-an Entrepeneur Kreatif Memperebutkan Pembiayaan Modal

oleh

Bekraf-BNI Syariah Gelar Deureham, 200-an Entrepeneur Kreatif Memperebutkan Pembiayaan Modal

Uri.co.id, BANDA ACEH – Sekitar 200-an entrepeneur kreatif dari berbagai daerah di Aceh saat ini sedang berkompetisi untuk mendapatkan pembiayaan modal usaha.

Kompetisi para usahawan muda ini merupakan bagian dari program Deureham, yang akan memperebutkan suntikan modal dari perbankan syariah.

Roadshow Deureuham 2019 juga ikut dilaksanakan di Banda Aceh, Sabtu (11/5/2019) dengan mengambil lokasi di Hotel Al Hanifi.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI bekerja sama dengan BNI Syariah.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin saat membuka saat membuka Roadshow Deureuham menyampaikan, bahwa ekonomi kreatif akan sangat cocok dengan anak muda di Banda Aceh.

Karena sangat banyak potensi yang bisa digali kedepan untuk dijual.

Menurutnya, bidang film, videografi, seni pertunjukkan, desain grafis hingga fashion merupakan subsektor ekonomi kreatif yang sangat berpeluang dikembangkan.

Selain itu, pasar ekonomi muslim terus mengalami peningkatan sehingga memberi pelaung bari beberapa sektor ekonomi syariah seperti fashion, kuliner, hotel syariah hingga jasa travel syariah.

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengatakan, Roadshow Deureuham 2019 di Banda Aceh merupakan bagian roadshow di kota Bandung dan Padang.

Lebih kurang sebanyak 211 peserta yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Aceh.

Katanya, Deureuham 2019 kerjasama BNI Syariah dan Bekraf merupakan program kompetisi pelaku ekonomi kreatif berbasis syariah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah.

Mereka akan mencari usaha yang dinilai memiliki potensi dan telah memenuhi syarat untuk menerima bantuan modal.

BNI Syariah memberikan pelatihan dalam bentuk capacity building terutama dalam hal pengetahuan bisnis dan pengetahuan keuangan.

Bank juga memberi akses permodalan serta berperan sebagai business matching dan business coaching.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kapasitas pelaku wirausaha baik soft-skill maupun self-development peserta Deureuham 2019 bisa mengalami kenaikan. Selain itu, pelatihan dan akses permodalan diharapkan mendorong perkembangan wirausaha kreatif syariah di Indonesia,” ujarnya.

Dalam roadshow itu juga digelar talkshow dengan menghadirkan usahawan muda yang sukses di bidang masing-masing yaitu Founder Yukbisnis, Jaya Setiabudi; Owner Raja Cendol, Danu Sofwan; dan CEO Muslim Life, Tri Wahyudi.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!