Wali Kota Subulussalam Terpilih Dilantik Selasa, Bintang Sampaikan Salam Hormat untuk Merah Sakti

oleh

Uri.co.id, SUBULUSSALAM – Haji Affan Alfian Bintang SE bersama Salmaza, akan dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam Terpilih, periode 2019-2024 pada Selasa (14/5/2019).

Seiring dengan itu, Affan Alfian Bintang yang juga politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu menyatakan komitmennya tetap bekerja bagi masyarakat Kota Sada Kata itu.

Selain menyatakan komitmennya bekerja bagi rakyat, Bintang begitu sapaan akrab Affan, menyampaikan ucapan terimakasih dan salam hormat kepada sang seniornya, H Merah Sakti SH, mantan Wali Kota Subulussalam dua periode.

Hal ini diutarakan Bintang dalam wawancara dengan Uri.co.id, Minggu (12/5/2019).

 Menurut Bintang, dia tak akan pernah melupakan kiprah Merah Sakti yang menjadi senior sekaligus sang guru dalam dunia politik. Pasalnya, Merah Sakti pula lah yang pertama kali membawa dia dan membesarkan namanya.

”Saya harus akui, bahwa Pak Merah Sakti telah berjasa membawa dan membesarkan saya dalam dunia politik, saya harus sampaikan salam hormat kepada beliau,” ucap Bintang yang ditemui di sela-sela kesibukannya memantau proses pembersihan Pendapa Wali Kota Subulussalam.

Apa yang disampaikan Bintang terkait kiprah sang Merah Sakti terhadap karir politiknya cukup beralasan.

Pasalnya, saat mendapat mandat sebagai pimpinan partai politik baru di Subulussalam, Bintang pun akhirnya dipinang Merah Sakti menjadi wakilnya dalam pertarungan pilkada 2009 lalu dan dikenal dengan nama pasangan Sakti-Bintang alias Sabit.

Pasangan Sabit berhasil unggul dibanding empat calon lain meski harus bertarung dua putaran dan sempat pula berlaga kembali di Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang kala itu melawan pasangan Asmauddin/Salmaza alias Assalam.

Gugatan hukum Assalam akhirnya kandas di Jakarta hingga Sakti/Bintang resmi ditetapkan menjadi Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam periode 2009-2014.

Namun, perjalanan politik yang tak selamanya mulus hingga keharmonisan pasangan ini pun retak dan berakhir ‘pisah’ pada pilkada 2013.

Di pilkada 2013, Sakti dan Bintang bertarung sengit. Namun keberuntungan jatuh ke tangan Merah Sakti.

Bintang pun menyatakan bagaimanapun pertarungan politik mereka, dia akan tetap berusaha menjalin silaturrahmi.

Bukan sekadar ungkapan, dalam agenda buka puasa bersama pascapelantikannya sebagai Wali Kota Subulussalam, Bintang mengaku mengundang mantan Wali Kota Subulussalam Merah Sakti bersama keluarga.

“Saya minta kepada pengantar undangan, harus sampai dan ada bukti undangan itu diterima, minimal difoto. Jadi nanti jangan ada cerita tidak diundang. Apapun yang terjadi selama ini saya tetap ingin menjaga silaturrahmi karena tekad saya juga untuk membangun Subulussalam lebih baik, mari bersatu bersama membangun negeri ini,” ungkap Bintang.

Terakhir, Bintang menyampaikan meski selama ini dirinya kerap disindir oleh mantan Wali Kota Subulussalam saat masih aktif, namun dia tidak dendam kepada politisi Partai Golkar itu.

“Karena langkah saya terjun ke dunia politik juga untuk mengabdi bagi daerah dan masyarakat tanpa ada permusuhan. Saya ingin membantu masyarakat lebih maksimal dan caranya melalui kebijakan,” pungkas Bintang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Affan Bintang akan melanjutkan estapet kepemimpinan Merah Sakti sebagai orang nomor satu di kota hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil berpasangan dengan Salmaza.

Sebenarnya, Salmaza juga bukan orang asing bagi Merah Sakti, lantaran mantan Kadis Pendidikan Subulussalam ini merupakan wakilnya sampai saat ini berdasarkan hasil pilkada 2013 lalu.

Jadi, pasangan Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam yang akan menggantikan Merah Sakti di periode 2019-2024 mendatang, merupakan mantan ‘pasangannya’ atau wakilnya di periode yang lalu.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!