Krisis Air Bersih, Mata Ie dan Sekitarnya Dibantu Suplai Air dari WTP Pasi Lamgarot

oleh

Krisis Air, Mata Ie dan Sekitarnya Dibantu Suplai Air dari WTP Pasi Lamgarot

Uri.co.id, BANDA ACEH – Water Treatment Plant (WTP) atau instalasi pengolahan air milik PDAM Tirta Mountala di Pasi Lamgarot, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar membantu WTP Mata Ie yang sedang terganggu operasinya akibat krisis air pada kemarau saat ini.

Dengan debit 20 liter per detik, WTP Pasi Lamgarot mulai menyuplai air ke sebagian Kecamatan Darul Imarah, khususnya Simpang Lampeuneurut dan perumahan Cot Gue, yang merupakan wilayah WTP Mata Ie.

Hal itu disampaikan Kabag Teknik PDAM Tirta Mountala, Salman terkait kondisi air terkini Mata Ie dan sekitarnya, Minggu (12/5/2019).

Menurut Salman, WTP Mata Ie masih beroperasi meskipun sumber air terus berkurang.

Namun untuk memenuhi kekurangan air bagi pelanggan di sana, PDAM Tirta Mountala terpaksa mengarahkan WTP Pasi Lamgarot untuk membantu suplai air.

“WTP Pasi Lamgarot bisa menyuplai air ke sekitar 25 persen jumlah pelanggan di Darul Imarah, terutama yang berdomisili di daerah Jalan Soekarno-Hatta dari Lampeuneurut sampai  ke jembatan Keutapang,” ujar Salman.

Sementara ada 13 ribu pelanggan yang bergantung pada suplai air dari WTP Mata Ie, termasuk Rindam Iskandar Muda dan Batalyon Raider 112 Japakeh.

Dia menjelaskan, WTP Pasi Lamgarot hanya bisa menyuplai 20 liter air per detik ke kawasan Darul Imarah, di samping tetap melayani kebutuhan air di Kecamatan Ingin Jaya, Darussalam, sampai ke Baitussalam.

Di samping itu, Kabag Teknik PDAM Tirta Mountala mengungkapkan bahwa kondisi air baku di kolam Mata Ie saat ini sudah cukup minim dan semakin anjlok. Pihaknya sudah mengusulkan untuk pengambilan air baku 200 liter/detik dari Bendungan Brayeun.(*) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!