4.475 Perusahaan Taati Upah Pekerja | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

4.475 Perusahaan Taati Upah Pekerja

Foto 4.475 Perusahaan Taati Upah Pekerja

BANDA ACEH – Sedikitnya 4,475 perusahaan besar, sedang, menengah dan kecil yang beroperasi di daerah ini, telah menerapkan upah minimum provinsi (UMP) baru 2015 Rp 2.180.000/bulan bagi pekerja level terendah. “Hasil evaluasi dan laporan pengawas ketenagakerjaan provinsi dan kabupaten/kota, sebagian besar pengusaha di daerah ini, telah memenuhi kewajiban bagi peningkatan kesejahteraan pekerjanya,” kata Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakermobduk Aceh, Putut Rananggono, kepada Serambi Selasa (1/3) kemarin.

Putut menyebutkan, hasil evaluasi sementara, secara umum para pimpinan atau pihak managemen perusahaan swasta, BUMN, BUMD, koperasi, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan ragam jenis usaha lainnya yang beroperasi di daerah ini, dilaporkan menaati penerapan UMP baru. Pun demikian, pihaknya berharap pekerja yang masih menerima penghasilan di bawah standar UMP 2015 yang diterapkan Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah, yaitu sebesar Rp 2.180.000/bulan bagi setiap pekerja lajang kualifikasi pekerja kelas terendah, supaya melaporkan ke Disnakermobduk Aceh, atau pengawas ketenagakerjaan kabupaten/kota.

Kecuali itu, UMP  2015 yang  berlalu dan diterapkan Pemerintah Aceh, terhitung 1 Januari 2016, yaitu sebesar Rp 2.118.000/bulan, merupakan jaring pengaman bagi pekerja berpenghasilan terendah. Karenanya, tidak ada alasan bagi pengusaha untuk menghindari kewajibannya, kecuali pailit (bangkrut).

Ia menambahkan, berdasarkan data wajib lapor perusahaan, diketahui sekitar 4.475  perusahaan yang beroperasi di daerah ini,  terdiri 154  perusahaan besar, 191 perusahaan 430 perusahaan menengah, dan 3.700 unit perusahaan kecil. Semua perusahaan ini dianggap mampu membayar gaji minimum bagi pekerja kualifikasi terendah sebesar Rp 2.180.000  per bulan.(awi)

(uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id