Pasang Paku Tanah di Tebing Gle Pulot | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pasang Paku Tanah di Tebing Gle Pulot

  • Reporter:
  • Minggu, Juni 19, 2016
Foto Pasang Paku Tanah di Tebing Gle Pulot

* Untuk Mencegah Longsor

BANDA ACEH – Peneliti Geohazard Unit Pelayanan Teknis (UPT) Mitigasi Bencana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) beserta tim dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik merekomendasikan agar Pemerintah Aceh segera memasang semen dan paku tanah pada kawasan lereng tebing yang terbentuk dari tanah hasil pelapukan batuan, seperti yang terdapat di Gle Pulot, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Rekomendasi itu disampaikan Peneliti Geohazard UPT Mitigasi Bencana Unsyiah, Ibnu Rusydy MSc kepada Serambi Jumat (17/6) menyikapi kasus rawan longsor di jalur lintasan Banda Aceh-Calang, Aceh Jaya, 12 Juni lalu.

Menurutnya, jika Pemerintah Aceh memasang semen dan paku tanah pada kawasan lereng tebing yang terbentuk dari tanah hasil pelapukan batuan itu, maka upaya tersebut akan efektif menghindarkan kawasan itu dari bencana longsor, seperti terjadi di tebing bukit Gle Pulot, hari Minggu lalu.

“Gunanya adalah untuk mencegah masuknya air hujan yang bisa menyebabkan pembebanan lereng, peningkatan tekanan air pori, dan terbentuknya bidang gelincir. Selain itu, perlu juga dilakukan reprofiling (pelandaian lereng) di beberapa lereng yang sangat terjal dan dewatering untuk menurunkan muka air tanah,” ujar Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik Unsyiah ini.

Pada bagin lain Ibnu Rsydy mengatakan, Pemerintah Aceh harus menurunkan tim khusus untuk melakukan pemasangan baut batu pada kawasan lereng batu yang memiliki tingkat rekahan yang tinggi. Cara ini akan memperkokoh lereng dan menyatukan batuan supaya tidak mudah jatuh. Bongkahan-bongkahan batu yang dianggap berisiko akan jatuh harus segera dipindahkan.

Ia tambahkan, tim Unsyiah sudah menginvestigasi bencana longsor di Gle Pulot pada 12 Juni 2016. Hasilnya, tim mitigasi Unsyiah menyarankan pemerintah untuk menginvestigasi struktur massa batuan pembentuk lereng secara rinci untuk memastikan sebuah lereng tebing tersebut aman atau tidak.(dik) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id