Sudah 18 Kabupaten/Kota Selesai Dipleno

oleh

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sudah merapatplenokan rekapitulasi dan penetapan perolehan suara dari 18 KIP kabupaten/kota se Aceh. Lima dari 23 kabupaten/kota lainnya yang belum selesai adalah KIP Aceh Tenggara, Pidie, Aceh Utara, Aceh Timur, dan KIP Aceh Besar.

Khusus KIP Aceh Besar hingga kemarin diinformasikan belum selesai melakukan rekap suara untuk tingkat DPRK karena ada persoalan yang belum bisa diselesaikan. Sedangkan suara untuk calon presiden/wakil presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRA telah berhasil direkap.

Komisioner KIP Aceh, Agusni AH kepada Serambi, Jumat (10/5) mengatakan hingga hari ketiga rapat pleno di Gedung DPRA, sudah 18 KIP kabupaten/kota yang sudah berhasil melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi.

Dia mengatakan, pelaksanaan rapat pleno tidak ditemukan kendala yang berarti. Hanya kesalahan administratif yang dapat diperbaiki dengan pengesahan kembali atas sepengetahuan para pihak di masing-masing tingkat kabupaten/kota, seperti di KIP Banda Aceh.

“Kendati ada beberapa KIP kabupaten/kota dilakukan penundaan, namun kemudian dilanjutkan kembali setelah dilakukan perbaikan penginputan dan penempatan tiga kelompok data pemilih DPT, DPTb, dan DPK agar ditulis dengan angka yang sama,” katanya.

Menurut dia, secara umum pelaksanaan Rapat Pleno KIP Aceh berlangsung aman dan terkendali, kendati ada beberapa protes dan sanggahan dari peserta forum yang berasal dari saksi dua pasangan calon presiden/wakil presiden, saksi DPD, saksi parpol, dan Panwaslih Aceh.

Dalam rapat pleno itu, KIP Aceh telah membagikan jadwal pengesahan hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten/kota. Dalam sehari ada empat hingga lima kabupaten/kota yang menyampaikan hasil rekap. Bahkan, seperti Kamis (9/5) pelaksanaan rapat pleno sampai malam.

Rapat pleno yang sudah dimulai sejak Selasa, 7 Mei ditargetkan selesai pada Minggu, 12 Mei 2019. Selanjutnya, kata Agusni, akan dilanjutkan dengan rapat pleno serupa di tingkat nasional, yakni di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. “Senin, 14 Mei mendatang, KIP Aceh akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pleno,” demikian Agusni AH. (mas) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!