Ampon Yub Kembali Pimpin PDAM Tirta Daroy

oleh

BANDA ACEH – Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, melantik T Novrizal Aiyub sebagai Direktur PDAM Tirta Daroy, Jumat (10/5), di Aula Balai Kota Banda Aceh. Ampon Yub kembali dipercaya memimpin perusahaan air minum milik Pemko Banda Aceh untuk lima tahun kedepan.

Pelantikan itu dihadiri Sekda Kota, Ir Bahagia, Ketua DPRK, Arif Fadillah, kepala SKPK, anggota DPRK, dan sejumlah karyawan PDAM Tirta Daroy. Wakil Wali Kota, Zainal Arifin menyampaikan, dengan dikukuhkan kembali Ampon Yub sebagai Direktur PDAM, maka mereka berharap ketersediaan air 100 persen pada 2020 dapat segera terealisasi.

“Tapi tidak mesti semuanya tersambung air PDAM juga, ini bagi yang membutuhkan saja, karena kan ada juga warga kita yang memang tidak memakai air PDAM,” ujar Zainal Arifin.

Dikatakan, selama ini suplai air bersih terkendala oleh kapasitas pipa yang kecil. Sehingga jika tekanan air terlalu tinggi dapat menyebabkan pipa pecah, seperti yang sering terjadi di kawasan Pango.

Ampon Yub menyampaikan, saat ini cakupan pelanggan PDAM Tirta Daroy sudah mencapai 94 persen warga Banda Aceh. Jumlah yang sudah tersambung sekitar 45 ribu pelanggan yang tersebar di sembilan kecamatan.

Ia menambahkan, pihaknya kini terus melakukan pengembangan pelayanan air bersih kepada warga Banda Aceh, dengan sejumlah program seperti mencari sumber air baku hingga membangun distrik meter area.

Dijelaskan, produksi air untuk warga Banda Aceh saat ini mencapai 700 liter/detik. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun terkait masih ada pelanggan yang tidak menerima suplai air, menurut Ampon Yub, karena rata-rata pelanggan menggunakan mesin pompa.

“Kita saat ini memiliki produksi air bersih 700 liter per detik. Meskipun jumlah itu sebenarnya sudah besar, namun kalau semuanya pakai mesin pompa tetap saja kita cukup. Karena jika semua pelanggan pakai mesin pompa, maka butuh 24 ribu air per detik,” jelas Ampon Yub.

Pihaknya kini terus memperbaiki sistem dan suplai air bersih untuk pelanggan. Bahkan PDAM Tirta Daroy juga sedang mencari sumber air baku dari beberapa sumber lainnya seperti di Jantho dan Leupung. “Kalau nanti suplai air kita sudah bagus, maka akan kita larang pelanggan memakai mesin pompa, karena dengan dari unit produksi memang sudah dipompa ke masing-masing pelanggan,” tandas Ampon Yub.(mun) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!