Kemenag: Persiapan Layanan Haji di Arab Saudi Sudah 100 Persen

oleh

Uri.co.id, BANDA ACEH – Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) RI, Hj Sri Ilham Lubis mengatakan, persiapan untuk layanan akomodasi, katering, dan transportasi bagi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah selesai 100 persen.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Uri.co.id, Jumat (10/5/2019), Sri Ilham Lubis menyampaikan layanan yang diperoleh jamaah selama di Tanah Suci  mencakup akomodasi di Makkah dan Madinah, transportasi bus antarkota perhajian, bus shalawat, bus masyayir dan layanan katering.

Ia menambahkan, tahun ini ada beberapa perbedaan dan peningkatan pelayanan di Arab Saudi dibanding tahun lalu. 

Di antaranya, layanan katering di Arafah. Jika tahun lalu, jamaah yang tiba siang hari di Arafah tidak semuanya diberikan makan, tapi tahun ini seluruh jamaah yang sampai siang hari di Arafah semuanya mendapatkan makan. 

Kemudian untuk transportasi. Seluruh jamaah di Makkah akan mendapatkan BIS shalawat. Sedangkan tahun lalu hanya jamaah yang menempati hotel dalam radius 1,5 kilometer dari Masjidil Haram saja.

“Begitu juga dengan hotel-hotel yang sudah disewakan di Madinah dengan menggunakan sistem fullbooking lebih banyak dibandingkan dengan sistem blocking card. Tahun lalu hanya 50 persen yang menggunakan sistem fullbooking. Sementara tahun ini meningkat 72 persen,” sebutnya. 

Peningkatan fasilitas lainnya, yaitu ketika di bandara para jamaah haji akan menikmati fasilitas fasttrek, yaitu jamaah tidak perlu lagi mengurus bagasinya di bandara.

Tahun lalu, jamaah haji masih mengurus bagasi di bandara, sehingga membutukan waktu yang cukup lama untuk mengurus bagasinya.(*)

()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!