Stok Darah di RSUDZA Banda Aceh Habis | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Stok Darah di RSUDZA Banda Aceh Habis

Foto Stok Darah di RSUDZA Banda Aceh Habis

BANDA ACEH – Instalasi Transfusi Darah (ITD) Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kini dalam kondisi ketiadaan stok darah. Terutama darah golongan A dan O. Hal ini disebabkan banyaknya pasien operasi yang membutuhkan darah sejak sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Pihak RSUDZA saat ini cuma bisa mengandalkan pasokan darah dari PMI maupun sukarelawan yang bersedia jadi donor dadakan. Penanggung Jawab ITD RSUDZA, Rita, saat dihubungi Serambi, Kamis (30/6) di ruang kerjanya menyebutkan stok darah setiap harinya habis meskipun selalu ada pendonor. Namun, pendonor itu kebanyakan dari keluarga pasien sendiri, sehingga darah yang mereka sumbangkan langsung dimanfaatkan untuk pasien yang membutuhkan.

“Saat ini kami sangat membutuhkan golongan darah A dan O, stoknya benar-benar tidak ada. Untuk golongan darah jenis lain masih ada, tapi sudah tercantum nama untuk keluarga si pendonor sendiri. Maka dari itu, ruang instalasi ini selalu kami buka menunggu datangnya donor,” jelas Rita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, selain berharap dari PMI, Rita juga mengimbau masyarakat untuk berkenan mendonorkan darahnya di ITD RSUZA, meskipun dalam keadaan berpuasa, karena donor darah tidak membatalkan puasa. “Hal ini diperkuat oleh fatwa MUI. Isi fatwa tersebut yaitu pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah seseorang,” ucapnya.

 PMI Usahakan Stok Darah Cukup
Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh optimis stok darah akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pasien menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Saat ini mereka terus berusaha mencari pendonor di beberapa lokasi dengan menyiapkan mobil PMI untuk memudahkan pendonor melakukan transfusi darah tanpa harus mendatangi kantor PMI.

“Masyarakat tak perlu khawatir akan kehabisan stok darah selama menjelang Lebaran ini, PMI akan berusaha maksimal untuk mencukupi kebutuhan pasien. Kalaupun nantinya stok darah di Aceh tidak juga mencukupi, kita akan datangkan stok yang ada di Jakarta,” ungkap Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqny kepada Serambi di ruang kerjanya, Jumat (1/7).

Hal serupa juga diungkapkan Ilham, salah seorang dokter di PMI Banda Aceh. Menurutnya, sampai saat ini sudah terhimpun darah 972 kantung dan ia optimis stok itu akan bertambah karena timnya masih mengerahkan mobil-mobil untuk pendonor di beberapa lokasi di Kota Banda Aceh.(**) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id