YARA: Kita Akan Tetap Minta PN Memanggil | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA: Kita Akan Tetap Minta PN Memanggil

Foto YARA: Kita Akan Tetap Minta PN Memanggil

MENANGGAPI hal tersebut, Ketua YARA, Safaruddin SH mengatakan, penarikan diri dari proses persidangan merupakan hak Martti Ahtisaari. Tetapi pihaknya tetap akan meminta pengadilan memanggil Marti dalam persidangan ini karena Martti bertanggung jawab sebagai mediator perundingan damai antara RI dan GAM.

“Marti juga bertanggung jawab memantau butir-butir dari MoU Helsinki agar dilaksanakan secara sungguh-

sungguh di Aceh oleh kedua belah pihak. Gugatan itu disampaikan untuk mengingatkan para peneken MoU bahwa masih banyak poin-poin MoU Helsinki belumdilaksanakan, salah satunya pembentukan Komisi Bersama Penyelesaian Klaim yang merupakan salah satu media reintegrasi untuk menjaga perdamaian berjalan mulus,” katanya.

Selain Martti, dalam perkara perdata tersebut YARA juga mengajukan gugatan terhadap  Gubernur Aceh (tergugat I), Malik Mahmud (tergugat II), Presiden RI (tergugat III) dan DPRA (turut tergugat V). Saat ini, gugatan tersebut masih dalam proses mediasi di Pengadilan Negeri Banda Aceh dengan hakim mediator Juandra SH. Sidang kembali dilanjutkan pada 29 Juni 2016.(mas) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id