Gubernur Aceh Buka Rakor FKUB | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Aceh Buka Rakor FKUB

Foto Gubernur Aceh Buka Rakor FKUB

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Dr M Jafar SH,MHum, Kamis (16/6) sore membuka Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Aceh di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

Dalam kesempatan itu M Jafar yang membaca pidato tertulis Gubernur Aceh mengatakan, beberapa waktu lalu di Aceh masih terjadi gesekan hingga terjadi konflik antar umat beragama seperti halnya terjadi di Aceh Singkil.

Ditegaskan Gubernur Aceh, mudah-mudahan peristiwa seperti yang terjadi di Aceh Singkil itu tidak boleh terulang lagi di Aceh. Karena itu, pemuka agama harus berperan aktif dalam menjaga keharmonisan atau kerukunan antar umat beragama. Untuk itu, Rakor FKUB membahani pesertanya dari seluruh Aceh ini sehingga mampu mencari jalan keluar jika terjadi disharmonis antar umat beragama di daerah masing-masing.

Dalam kesempatan itu M Jafar juga menyampaikan bahwa betapa penting kehadiran FKUB di setiap kabupaten/kota. Untuk itu, M Jafar yang membacakan teks pidato gubernur itu juga menekankan bahwa pemerintah kabupaten/kota harus mendukung setiap program yang dilaksanakan FKUB.

Sebelumnya Kepala Kanwil Kemenag Aceh, HM Daud Pakeh mengingatkan agar pengurus FKUB baik ditingkat provinsi maupun di kabupaten/kota harus peka dalam melihat hal yang berpotensi merusak kerukunan antar umata beragama. Jika ada hal-hal yang mengarah pada retaknya kerukunan umat beragama, maka pemuka agama, tokoh masyarakat bersama FKUM harus cepat mencari penyelesaiannya.

Ditegaskan, menjaga kerukunan umat beragama buka semata-mata tugas FKUB atau pemuka agama semata-mata, tapi seluruh elemen yang ada juga punya tanggungjawab untuk menjaga agar kerukunan antar umat beragama tetap terjaga. Disebutkan, rakor tersebut diikuti 90 peserta terdiri dari unsur Kanwil Kemenag Aceh, Kankemenag kabupatenh/kota, pengurus FKUB Aceh dan kabupaten/kota, unsur kepolisian, BIN dan pemuka agama.(mis) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id