TPA Uwer Tetemi Ditanami Semangka | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

TPA Uwer Tetemi Ditanami Semangka

Foto TPA Uwer Tetemi Ditanami Semangka

TAKENGON – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Uwer Tetemi di Kampung Mulie Jadi, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah yang sempat menuai pro-kontra akhirnya mereda. Bahkan, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan, Ir Zikriadi MM mencoba menanam bibit semangka di atas tanah timbunan sampah.

Tanpa diduga, percobaan yang dilakukan oleh sarjana pertanian Unsyiah itu menunjukkan respon sangat baik. Bibit semangka yang ditanam terlihat tumbuh subur diatas hamparan tanah timbunan sampah itu, bahkan sudah mulai terlihat berbuah disela-sela tanaman yang tumbuh menjalar itu.

“Alhamdulillah, uji coba tanam bibit semangka di Uwer Tetemi ini menunjukkan hasil yang menggembirakan, bibit semangka yang kami tanam beberapa waktu yang lalu tumbuh dengan baik, bahkan sudah mulai berbuah,” ungkap Zikri sambil menunjuk hamparan tanaman semangka di TPA itu, Rabu (15/6).

Dia menjelaskan jika ujicoba ini positif, maka akan mengajak masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan TPA sebagai lahan usaha tani semangka. Sehingga keberadaan tempat pembuangan sampah ini juga bisa memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitara,

“Kita akan tunggu hasilnya beberapa minggu ke depan, jika tanaman ini secara analisis usaha menguntungkan, kita akan libatkan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi, sehingga mereka juga dapat menikmati manfaat ekonomi dari keberadaan TPA ini,” jelas Zikri.

Pengelolaan TPA Uwer Tetemi berbeda dengan penanganan tempat pembuangan sampah lainnya yang membiarkan sampah terbuka dan menjadi lahan usaha pemulung. Tetapi, di TPA Uwer Tetemi, setiap sampah yang sampai ke TPA langsung diratakan dengan alat berat kemudian ditimbun dengan tanah, sehingga aroma tak sedap dari tempat pembuangan sampah itu dapat dicegah.

Pembuangan sampah ke TPA juga dilakukan pada malam hari, sehingga truk-truk pengangkut sampah itu tidak mengganggu masyarakat di sepanjang jalur yang dilalui.(muh/rel) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id