Lagi, Angin Kencang Terjang Sabang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lagi, Angin Kencang Terjang Sabang

Foto Lagi, Angin Kencang Terjang Sabang

SABANG – Setelah dilanda cuaca panas selama dua pekan, sejak Selasa (14/6) malam hingga kemarin siang wilayah Sabang kembali diterjang angin kencang disertai hujan ringan. Namun, sejauh ini belum ada laporan tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat fenomena alam tersebut.

Demikian juga kapal penyeberangan dari Balohan, Sabang ke Ulee Lheue, Banda Aceh dan sebaliknya tetap beroperasi.

Kasubag Tata Usaha (TU) UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Agustiar SSTMar, mengatakan, gelombang laut di periaran Sabang-Banda Aceh yang mencapai 2 meter lebih dengan kecepatan angin 15 knot tak mempengaruhi arus transportasi laut. “Mudah-mudahan cuaca akan segera membaik kembali,” katanya.

Kedua kapal penyeberangan yaitu kapal lambat KMP Tanjung Burang dan kapal cepat KM Express Cantika 89, menurutnya, tetap berlayar dari Sabang ke Banda Aceh dan sebaliknya. Tapi, lanjut Agustiar, kedua kapal itu hanya berlayar satu trip. Hal tersebut disebabkan kapal lambat masih dalam perawatan mesin dan kapal cepat masih minim penumpang.

Kepala Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD) Sabang, T Zakari Al Bahri menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat angin kencang.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Klimatologi (BMKG) Sabang, Siswanto, mengatakan fenomena alam itu terjadi karena adanya pusat tekanan rendah di sebelah barat Sumatera dan belokan angin di sebelah barat Aceh. Ia memperkirakan angin kencang disertai hujan deras akan melanda Sabang hingga tiga hari ke depan.

Karena itu, Siswanto meminta nelayan dan pengguna jasa penyeberangan berhati-hati terhadap angin kencang dan gelombang tinggi. Kepada masyarakat, ia meminta masyarakat menghindari kawasan yang dekat dengan pohon.

Ditambahkan, cuaca buruk itu diprediksi akan memicu gelombang di perairan Sabang-Banda Aceh dengan ketinggian antara 1,5-3,5 meter dengan kecepatan angin antara 8-36 kilometer per jam.(az) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id