DKP Singkil Buru Penyetrum Ikan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DKP Singkil Buru Penyetrum Ikan

Foto DKP Singkil Buru Penyetrum Ikan

SINGKIL-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Singkil dilaporkan sedang memburu para penyetrum ikan sungai, yang kini marak terjadi. Perbuatan pelaku dinilai sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup ekosistem di sungai serta keselamatan dirinya.

Kepala DKP Aceh Singkil, Ismed Taufiq didampingi Kabid Pengawasan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Chazali, Rabu (15/6) mengatakan, sebelum melakukan tindakan tegas, pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang pelarangan menyetrum ikan. “Jumlah penyetrum ikan di sungai dari informasi yang kami dapat sambilan orang. Kami akan melakukan tindakan tegas,” kata Chazali.

Selain menertibkan penyetrum ikan, DKP juga akan melakukan tindakan tegas terhadap penangkap serta penjual lobster, kepiting, dan rajungan yang tidak sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan. “Untuk lobster, kepiting yang tidak sesuai permen harus ditindak, karena tahap sosialisasi sudah dilakukan sejak tahun lalu,” kata Ismed.

Sementara itu, tim DKP Aceh Singkil, kemarin diberangkatkan ke Pulau Banyak, guna melakukan sosialisasi bahaya perusakan trumbu karang. Langkah itu dilakukan untuk mencegah perusakan trumbu karang oleh tangan-tangan usil saat libur lebaran Idul Fitri 1437 H.

Kepala DKP Aceh Singkil, Ismed Taufiq menyatakan, dalam tahap sosialisasi pihaknya lebih mengedepankan pembinaan, tetapi bila membandel maka tindakan tegas sesuai aturan hukum ditegakan. “Tahap awal sosialisasi. Pada tahap itu, kami coba memberikan solusi, misalnya beralih mata pencarian. Selanjutnya tahap penegakan hukum,” tandas Ismed.(de) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id