KIP: partisipasi pemilih 87 persen di Sabang

oleh

Sabang – Komisi Independen Pemilih (KIP) Kota Sabang menyatakan, partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2019 mencapai 87 persen di pulau terluar paling barat Indonesia tersebut.

"Syukur Alhamdulillah pemilu berlangsung sukses di Sabang dan partisipasi pemilih mencapai 87 persen," kata Komisioner KIP Kota Sabang, Muhammad Yani di Sabang, Kamis.

KIP Kota Sabang sudah selesai merekapitulasi suara Pilpres dan Pileg. Khususnya Pileg, partisipasi pemilih di 104 TPS, 18 gampong (desa), dan dua kecamatan se-Kota Sabang sebanyak 22.529 orang atau 87,52 persen dari total DPT, 25.741, kata Muhammad Yani.

Menurutnya, para pemilih di Kota Sabang, Provinsi Aceh sangat antusias menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara pada pemilu, Pilplres dan Pileg serentak 2019.

"Kita patut bersyukur pesta demokrasi lima tahunan di Kota Sabang berjalan, lancar, sukses dan aman. Bahkan, partisipasi pemilih pada pemilu serentak melebihi target KPU pusat yakni, 75 persen," kata dia.

Partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019 di Kota Sabang tertinggi dari pemilu sebelumnya, ujar dia tanpa menyebutkan data pemilih pemilu periode yang lalu.

Para pemilih pada hari pencoblosan, Rabu 17 April 2019 terpantau mulai berdatangan ke TPS se-Kota Sabang dari, pukul 07:00 Wib hingga pukul 14:00 Wib masih mengantri untuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara.

Pemungutan suara di Kota Sabang terpantau tidak serentak atau bervariasi dan panitia penyelenggara pemilu mulai menerima undangan memilih serta melakukan pemungutan suara dari, pukul 08:00 Wib hingga pukul 09:00 Wib.

Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah memilih Presiden dan Wakil Presiden RI yang diikuti dua pasangan calon yakni, Jokowi-Ma’ruf nomor 01 dan Prabowo-Sandi nomor 02. Selain itu, rakyat Indonesia juga telah memilih legislatif dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota.
 

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!