Jelang meugang, 5.058 warga fakir miskin di Aceh Jaya terima zakat

oleh

Calang – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Baitul Mal setempat menyalurkan bantuan zakat berupa uang tunai kepada 5.058 warga fakir dan miskin di sembilan kabupaten, Kamis (2/5).

Penyaluran bantuan yang berasal dari zakat baitul Mal Aceh Jaya di Kecamatan Krueng Sabee dipusatkan di halaman kantor camat setempat.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Jaya Muhaimin kepada Antara menyampaikan, penyaluran di Kecamatan Krueng Sabee merupakan penyaluran tahap ke III bersamaan dengan Kecamatan Setia Bakti dan Darul Hikmah.

Sebelumnya pihaknya sudah menyalurkan di enam kecamatan meliputi, Teunom, Pasie Raya, Panga, Jaya, Indra Jaya dan Sampoinit.

"Tahun ini ada sebanyak 1.157 masyarakat yang menerima zakat untuk kategori fakir dan 3.903 masyarakat yang menerima zakat kategori miskin," jelasnya.

Ia menjelaskan, jika bantuan zakat tersebut juga diberikan kepada masyarakat dalam bentuk uang tunai, sehingga meringankan beban masyarakat menghadapi megang Ramadhan.

Muhaimin juga menerangkan, jika masyarakat sendiri mendapatkan bantuan zakat tunai dengan nominal Rp700 ribu untuk kategori fakir dan Rp500 ribu untuk kategori miskin.

"Untuk bantuan ini sendiri kita mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar, dengan rincian Rp809,9 juta untuk bantuan fakir dan Rp1,951 juta miliar untuk miskin," terangnya.

Menurutnya, untuk tahun ini, jumlah penerima bantuan zakat tunai dari Baitul Mal Aceh Jaya masih sama dengan jumlah penerima pada tahun lalu.

"Untuk tahun 2018 kita padahal pendapatan zakat menurun dibandingkan tahun 2017 turunnya hampir Rp1 miliar, walaupun demikian untuk penyaluran tahun ini kita upayakan tidak ada pengurangan penerima," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb yang ikut menyerahkan secara simbolis bantuan ini mengharapkan agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan membantu masyarakat dalam menghadapi megang Ramadhan.

Menurutnya, Pemerintah Aceh Jaya sendiri sudah merealisasikan beberapa pogram bantuan untuk masyarakat miskin yang ada di kabupaten tersebut.

"Ini merupakan salah satu pogram dari beberapa pogram bantuan yang telah kita realisasikan meliputi bantuan untuk anak yatim, bantuan untuk lansia dan ini bantuan untuk masyarakat fakir dan miskin," jelasnya.

Irfan menjelaskan pihaknya sengaja menyalurkan saat ini untuk membantu masyarakat menjelang meugang puasa Ramadhan yang akan dilaksanakan pada senin mendatang.

"Bantuan ini kita berikan menjelang Ramadhan untuk membantu masyarakat menghadapi bulan ramadhan dan Hari Raya, setidaknya bisa sedikit membantu masyarakat nantinya," tutur Irfan.   

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!